Rapat Koordinasi Fasilitas Keselamatan Lalu Lintas Jalan
Foto bersama seluruh stakeholder Sultra dalam Rapat Koordinasi Fasilitas Keselamatan Lalu Lintas Jalan (Foto: Ronal/OKESULTRACOM)

OKESULTRA.COM, KENDARI – Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVIII menggelar rapat koordinasi dalam rangka sinkronisasi dan penyatuan ide guna meningkatkan keselamatan lalu lintas di jalan raya khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara, Selasa (4/12) di salah satu hotel di Kendari.

Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVIII yang memiliki tupoksi antara lain pengadaan dan pemasangan fasilitas keselamatan berupa rambu-rambu lalu lintas mengundang seluruh pemangku kepentingan terkait jalan raya yang ada di Sultra.

“Kami mengundang semua stakeholder, khususnya dari Polri dalam hal ini Direktorat Lalu Lintas Polda Sultra, yang setiap hari berada di jalan yang sangat mengetahui kondisi lalu lintas. Sehingga masukan-masukan dari Dit Lantas sangat bermanfaat bagi kami untuk meningkatkan fasilitas perlengkapan jalan di Sultra,” ungkap Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVIII, Ady Pracoyo.

Dalam rapat tersebut, Ady mengungkapkan masalah terbesar yang dihadapi pihaknya terkait pemenuhan perlengkapan jalan yang ada di Sultra.

“Problem utama terkait jalan di Sultra adalah panjang jalan nasional yang cukup panjang 1457 km, sementara pemenuhan perlengkapan jalannya masih sangat minim karena terbatas anggaran,” imbuhnya.

Guna mengatasi hal tersebut, lanjut Ady, pihaknya menggandeng beberapa pihak terkait seperti pemerintah daerah baik itu ditingkat I maupun tingkat II, untuk berupaya memenuhi kebutuhan perlengkapan jalan tersebut.

“Kami tidak bisa hanya mengandalkan dari Pemerintah Pusat, oleh karenanya kami mengajak Pemprov, Pemkot dan Pemkab untuk bersama-sama bekerja sesuai kewenangan masing-masing,” tambahnya.

Ady juga menghimbau masyarakat agar turut menjaga fasilitas-fasilitas jalan yang sudah ada.

“Himbauan bagi masyarakat agar ikut menjaga perlengkapan jalan yang sudah ada karena hal itu untuk kepentingan kita bersama sebagai pengguna jalan. Jangan dirusak apalagi dipergunakan untuk kepentingan pribadi,” pungkas Ady.(A)


Laporan : Ronal
Editor : Aroel

Tulis Komentar Anda Disini