OKESULTRA.COM, KOLAKA – 10 tahun beroperasi, PT Waja Inti Lestari (Wil) dalam mengelola pertambangan biji nikel di Kabupaten Kolaka, terbukti membawa dampak positif bagi kemakmuran masyarakat setempat.

Pasalnya banyak program kemasyarakatan PT. Wil yang dirasakan langsung oleh masyarakat disekitar lokasi perusahaan, hal tesebut diungkapkan oleh tokoh masyarakat Desa Muara Lapapao, Kecamatan Wolo, Haikal (65).

“Perusahaan sangat membantu masyarakat dengan nenyediakan lapangan pekerjaan bagi warga yang berada di areal utama perusahaan. Dari proses awal keberadaan perusahaan PT. Waja Inti Lestari sampai hari ini menyerap begitu banyak tenaga kerja dari desa kami dan desa tetangga,” ungkap Haikal, Minggu (17/11/2019).

Selain memberi kesejahteraan, lanjut ia, PT Wil juga mampu menambah pendapatan daerah dan negara, apa lagi banyak program unggulan PT Wil yang pro rakyat dan itu terbukti dengan perhatian yang PT Wil berikan, banyak masalah masyarakat yang terselesaikan.

“Setahu kami perusahaan PT. Wil adalah perusahaan tambang yang tidak pernah menunggak pajak ataupun kewajiban lainnya pada Negara dan Daerah. Jangankan pajak, imam masjid saja dapat honor bulanan, perusahaan terbukti membawa Krmakmuran bagi kami,” pungkasnya

Sementara itu di tempat yang sama Ketua Forum masyarakat Wolo, Aksan Kadir juga mengungkapkan bahwa keberadaan PT. Wil di wilayah kecamatan Wolo sangat membantu perekonomian masyarakat Desa.

“Kami yang bertetangga desa lokasi aktivitas perusahaan,bantuan modal usaha dan pembangunan fasilitas publik sudah tidak kami ragukan komitmen manajemen perusahaan PT. Waja Inti Lestari,dalam bidang pendidikan juga banyak mahasiswa dari desa saya dan desa tetangga lainnya. Untuk kuliah di Kendari, perusahaan PT. Waja Inti Lestari menyiapkan asrama gratis buat anak-anak kami kuliah di kendari, sangat beda dengan perusahaan tambang lainnya, mereka hanya melukai hati kami,” tandasnya.


Laporan: Iwan

Tulis Komentar Anda Disini

loading...