Pemusnahan Barang Bukti Shabu di Mapolda Sultra (foto: Ronal/ Okesultra.com0
Pemusnahan Barang Bukti Shabu di Mapolda Sultra (foto: Ronal/ Okesultra.com)

OKESULTRA.COM, KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara memusnahkan barang bukti shabu hasil operasi yang dilakulan oleh Direktorat Reserse Narkoba dan jajaran. Pemusnahan tersebut digelar pada Selasa (25/9) dengan dihadiri oleh Kapolda dan Pejabat Utama Polda, Forkompimda, BNNP, Kejaksaan, serta para pelaku yang didampingi oleh pengacaranya.

Total barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 1,6 Kilogram shabu. Sebelum dimusnahkan, terlebih dahulu dilakukan uji barang bukti oleh tim Bid Dokkes untuk mengetahui apakah benar barang tersebut merupakan narkotika jenis shabu.

Usai pengujian, barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara diblender menggunakan mesin dan dikubur di dalam lubang galian tanah.

Barang bukti yang musnahkan ini merupakan hasil pengungkapan sejak bulan Juli hingga September 2018 dengan total tersangka sebanyak tujuh orang.

Kapolda Sultra, Brigjen Iriyanto, S.I.K mengatakan sangat banyak kerugian dan dampak dari narkoba ini, selain merupakan penghambat terhadap kemajuan negara dampak narkoba merupakan tantangan dan ancaman bersama.

“Kita semua ikut bertanggungjawab terhadap pemberantasan narkoba, semua provinsi terkena narkoba. Ini adalah bentuk proxy war, tidak hanya tanggung jawabnya Polda Sultra tetapi juga seluruh elemen negara,” ucap Kapolda.

Kapolda menekankan kepada semua personel agar meningkatkan upaya pencegahan dengan meningkatkan sosialisasi terkait bahaya penyalahgunaan narkotika dan tidak memberikan ruang terhadap peredaran narkoba.

Selain itu, personel juga diharapkan mampu melakukan penyelidikan profesional agar mampu ungkap jaringan yang lebih besar lagi kedepannya.

“Tingkatkan sinergitas dan soliditas terhadap semua pihak yang bekerja sama dalam memberikan dukungan terhadap pemberantasan narkoba,” pungkas Kapolda.


Laporan: Ronal

Tulis Komentar Anda Disini