OKESULTRA.COM, JAKARTA -Empat Desa dan satu pendamping Desa di Sulawesi Tenggara (Sultra) meraih penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI (Kemendes PDTT) sebagai Desa terbaik dan Pendamping Desa Pemberdayaan terbaik tingkat Nasional.

Ada 4 kategori penghargaan yang diraih, yakni Penguatan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Penggunaan Dana Desa dan Padat Karya Tunai Desa, Prakarsa dan Inovasi Desa dan Pelayanan Publik dan Transparansi Informasi.

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat  Desa (PPMD) Kemendes PDTT Taufik Madjid mengatakan, penghargaan tersebut adalah bentuk apresiasi terhadap desa dan kerja keras para pejuang desa.

“Desa yang terbaik juga mendapatkan bantuan BUMDEs senilai 50 juta setiap Desa nya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sultra, Tasman Taewa mengatakan 4 Desa dan 1 Pendamping Desa terbaik tingkat Nasional penerima penghargaan di Jakarta merupakan hasil seleksi tingkat provinsi.

“Kami yakin masih banyak desa yang berprestasi di Sultra, tinggal bagaimana pemerintah desa dan masyarakatnya berkolaborasi untuk kemajuan desanya. Keberhasilan ini tidak lepas dari fungsi pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan,” ujar Tasman.

Ia berharap penghargaan yang diberikan oleh Kemendes PDTT, dapat menjadi motivasi bagi desa dan pendamping desa lainnya.

“Terutama meningkatkan program desa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pemanfaatan Dana Desa,” tandasnya.

Adapun peraih penghargaan tersebut sebagai berikut.

1. Desa Mekarjaya, Kecamatan Kulbar, Kabupaten Buton Utara Tenggara terpilih sebagai Desa terbaik Nasional kategori Penguatan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, oleh Kepala Desa Hasminah.

2. Desa Jati Bali, Kecamatan Ranometo Barat, Kabupaten Konawe Selatan, sebagai Desa Terbaik Nasional Kategori Penggunaan Dana Desa dan Padat Karya Tunai Desa, oleh Kepala Desa, Dewa Ayu Rai Utari.

3. Desa Mulia Jaya, Kecamatan Dangia, Kabupaten Kolaka Timur, sebagai Desa Terbaik Nasional Kategori Prakarsa dan Inovasi Desa, oleh Kepala Desa Rusdi Hadi.

4. Desa Terapung, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, sebagai Desa Terbaik Nasional Kategori Pelayanan Publik dan Transparansi Informasi Pendamping Desa Teladan tingkat Nasional, oleh Kepala Desa Pamarudin.

5. Santi Hardianti, Pendamping Desa Pemberdayaan Terbaik tingkat Nasional, berasal dari Kecamatan Molowa Kabupaten Buton. (A)


Laporan : Yusran
Editor : Wiwid Abid Abadi

Tulis Komentar Anda Disini