OKESULTRA.COM, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari telah merampungkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perubahan ke II (DPTHP 2). Dari data itu, tercatat ada sebanyak 347 pemilih di Kota Kendari kategori penyandang disabilitas. Sedangkan untuk disabilitas mental, KPU Kendari mencatat ada 40 pemilih.

“Di DPTHP 2 Kota Kendari, ada 347 Pemilih Penyandang Disabilitas dan disabilitas mental ada 40 Pemilih,” jelas Anggota KPU Kota Kendari, Koordinator Divisi Data, La Ndolili saat jumpa wartawan, Minggu (30/12/2018).

Ia menjelaskan, yang di data oleh KPU Kota Kendari adalah penyandang disabilitas mental, bukan orang gila.

“Disabilitas mental bukan orang gila, disabilitas mental itu adalah orang yang mengalami penghambatan perkembangan mental,” katanya.

Kata dia, KPU Kota Kendari telah mendata seluruh warga negara yang berhak menyalurkan hak pilihnya.

“Orang yang berhak memilih di Kendari sudah dimasukkan dan yang tidak berhak itu tidak di masukan,” tegasnya.

Senada dengan hal itu, Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh juga menegaskan bahwa KPU Kota Kendari mendata orang yang mengalami disabilitas mental dan bukan orang gila.

“Jadi yang kami data adalah orang disabilitas mental. Bukan orang gila. Seperti ada video yang beredar ada simulasi memilihnya orang gila, jadi bukan yang seperti itu, itu Hoax,” katanya.(A)


Laporan : Wiwid Abid Abadi

Tulis Komentar Anda Disini