APS Wolo Blokade Jalan Lintas PT CNI
Aliansi Pemuda Samaenre Wolo saat Blokade Jalan Lintas PT CNI.

OKESULTRA.COM, KOLAKA – Aliansi Pemuda Samaenre kecamatan Wolo, Kolaka, Rabu pagi (5/12) memblokade jalan yang dilintasi truk pengangkut tambang PT Ceria Nugraha Indotama.

Koordinator lapangan, Saldi Yunus Nudin mengungkapkan aksi blokade warga didasari dengan tak adanya perhatian oleh perusahaan tambang mengenai transparansi rekrutmen karyawan dan akuisisi lahan.

“Sasaran aksi ini adalah persoalan rekrutmen karyawan, kedua akuisisi lahan yang sampai hari inj PT Ceria Nugraha Indotama belum menyelesaikan persoalan itu” katanya.

Menurut Saldi, pihaknya menuntut perusahaan bisa adil dan menjadikan desanya sebagai prioritas  dalam rekrutmen pegawai sebagaimana yang telah dijanjikan dengan membagi setiap jatah masing-masing desa yang menjadi lahan produksi pertambangan oleh PT Ceria sebelumnya.

“Ada ketidakadilan dalam rekrutmen karyawan untuk masing-masing desa dari PT Ceria, yang saya permasalahkan tadi itu desa Samaenre tidak diprioritaskan sementara lokasi yang digarap sudah masuk desa Samaenre” tandasnya.

Sementara untuk persoalan akuisisi lahan, ia mengatakan lahan warga telah dikelola oleh pihak perusahaan namun pemilik lahan belum mendapat ganti rugi.

“Lahan yang sudah dikelola tapi belum dibayar ganti rugi tanamanya,” tutupnya.(A)


Laporan: Andise SL

Tulis Komentar Anda Disini