OKESULTRA.COM, KENDARI – Peran perbankan dalam tumbuh kembang sektor usaha pertambangan di Sulawesi Tenggara (Sultra) sangatlah penting, pasalnya perbankan dapat menjadi motor penggerak dan mampu mendorong kinerja pengusaha lokal disektor pertambangan.

Oleh karena itu Asosiasi Pengusaha Tambang Sulawesi Tenggara (APTS) meminta dukungan perbankan terhadap pengusaha lokal yang membutuhkan bantuan modal usaha di sektor pertambangan yang selama ini dinilai belum memberikan kontribusi besar, hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua APTS, Andi Ady Askar saat coffee morning di Hotel Claro Kendari.

“Mewakili seluruh pengusaha tambang di Sultra, kami meminta kepada pihak bank agar dapat berperan pada usaha sektor pertambangan di Sultra ini,” ungkap Andi, Sabtu (21/12/2019).

Hal yang sama diungkapkan oleh Pengamat Ekonomi Sultra, Samsul Anam bahwa penopang perekonomian di Sultra saat ini terdapat dua sektor usaha, yakni sektor pertanian dan pertambangan. Sektor pertambangan telah berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah setelah sektor pertanian.

“Melihat potensi yang dimiliki sektor pertambangan yang telah berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah setelah sektor pertanian, harusnya menjadi perhatian serius berbagai pihak,” ungkap Dekan FEBI UMK itu.

Pembiayaan, lanjut Samsul, yang diberikan oleh perbankan pada dua sektor tersebut sangat penting untuk menjaga eksistensinya, serta dua sektor usaha tersebut dapat berdampak positif pada usaha di sektor jasa maupun sektor lainnya.

“Pertumbuhan dua sektor ini sangat berpengaruh besar terhadap usaha lainnya, jadi perbankan tidak perlu ragu untuk terlibat, khususnya disektor pertambangan,” jelasnya.

Menyikapi pernyataan Ketua APTS maupun Pengamat Ekonomi Sultra tersebut, Asisten Manager Bank Mandiri Kantor Cabang Kendari, Lukman Arief menyatakan bahwa sejak awal tahun 2019 Bank Mandiri sudah berkecimpung dalam pembiayaan disektor pertambangan, dan hingga saat ini total dana yang telah dikucurkan oleh Mandiri Group mencapai angka Rp 120 milyar.

“Dukungan permodalan yang diberikan Bank Mandiri memiliki beberapa syarat, diantaranya perusahaan tambang sudah beroperasi minimal 3 tahun, serta transaksionalnya melalui Mandiri juga,” terangnya.

Laporan: Iwan

Tulis Komentar Anda Disini

loading...