OKESULTRA.COM, RAHA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Muna Selasa (26/2/2019), menggelar rapat koordinasi bersama peserta pemilu terkait penyiapan saksi partai politik.

Kegiatan yang dihadiri 15 perwakilan partai peserta pemilu, bertempat di Aula Media Center Bawaslu Kabupaten Muna ini berlangsung komunikatif dan nampak terjalin kerjasama yang baik.

Beberapa perwakilan partai menanggapi hal-hal teknis terkait perekrutan saksi. Parpol bersepakat untuk menghadirkan saksi yang berkompeten, seperti yang disampaikan salah satu perwakilan dari Partai Amanat Nasional (PAN), La Ode Kadarauddin namun juga pihaknya meminta waktu untuk penyiapan saksi diinternal masing-masing .

“Kami mengapresiasi penyiapan saksi peserta pemilu. Namun kami meminta waktu untuk menyiapkan saksi yang berkualitas,” ujar Kadarauddin.

Hal ini ditanggapi langsung oleh Komisioner Bawaslu Muna, Ali Darman S.Sos. yang meminta kesiapan saksi berdasar batas waktu yang telah ditetapkan.

“Limit waktu yang ada pada dasarnya sudah terkoordinasi berjenjang. Sampai tanggal 3 Maret 2019 saksi peserta sudah harus mengajukan saksi yang dibekali mandat untuk dibimbing teknis oleh Bawaslu bersama Panwascam setempat,” terang Ali Darman.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim S.P M.Si menekankan pentingnya informasi penyiapan saksi bagi peserta pemilu secara menyeluruh untuk segera ditindaklanjuti.

“Jangan sampai infonya tidak segera ditindaklanjuti, penyiapan saksi ini urgen. Inilah wujud penyelenggaraan pemilu yang fair,” jelas Abzal.

Lebih jauh, komisioner lainnya, Aksar S.Pd.I meminta semua peserta memaksimalkan tenggat waktu dengan memilih saksi yang berkompeten dan berintegritas.

“Waktu yang ada dimaksimalkan untuk penyiapan saksi yang berkompeten, kami akan menggelar bimbingan teknis untuk pembekalan kapasitas saksi tersebut,” tegas Aksar.(ars)


Tulis Komentar Anda Disini