Komisoner Bawaslu Sultra, kordiv Pengawasan dan hubungan antar lembaga, Munsir Salam. (Foto: asl/OKESULTRACOM).

OKESULTRA.COM, KENDARI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengingatkan partai politik agar transparan dalam melaporkan laporan akhir dana kampanye, sebab manipulasi laporan dana keuangan bisa berimplikasi pidana.

Hal tersebut disampaikan komisoner Bawaslu Sultra, Munsir Salam saat ditemui Okesultra.com, Sabtu (2/2/2019).

“Kami terus melakukan sosialisasi pencegahan pelanggaran pemilu termasuk didalamnya laporan akhir dana kampanye” kata Munsir.

Bawaslu meminta partai politik mematuhi undang-undang dan peraturan terkait laporan akhir kampanye yang harus akurat sesuai dengan penggunaannya.

“Nah, yang menjadi perhatian jika laporan dana kampanye tidak sesuai dengan penganggarannya ini fatal, contoh dalam proses kampanye suatu parpol mengundang artis mahal dan saat melaporakan dana kampanyenya tidak sesuai sebab kita bisa akan mengaudit, merasionalisasikan dan kalau perlu kita meminta keterangan ke EOnya berapa harganya,” tuturnya.

Bawaslu Sultra akan meminta laporan akhir dana kampanye parpol tersebut ke KPU saat sehari sebelum pencoblosan dilakukan dan jika ditemui tidak transparan maka Bawaslu akan memberikan rekomendasi yang berujung pada sanksi. Terutama bila dari sumber dana yang terlarang.

“Sehari sebelum pemilu kami akan ke KPU meminta laporan dana kampanye, apalagi sumbernya terlarang, contoh seperti dana Dinas sosial yang pakai untuk dengan pertemuan atau kampanye ,” ungkapnya.

Bawaslu juga meminta KPU menentukan batas kewajaran terkait pemberian uang transport dan uang makan saat parpol berkampanye.

“Pemberian uang transport dan uang makan diperbolehkan dalam undang-undang  Pemilu. Dengan catatan, pemberian tersebut harus mengacu pada batas kewajaran yang ditetapkan melalui Peraturan KPU,” terangnya.

Ia menjelaskan, belum adanya regulasi terkait batas kewajaran dalam memberikan uang transport dan uang makan akan memicu praktek money politic di lapangan.(asl)


Tulis Komentar Anda Disini