Berefek Halusinasi dan Memabukkan, Polsek Kemaraya Musnahkan Tanaman Kecubung

116
Tanaman Kecubung yang dimusnahkan oleh anggota Polsek Kemaraya (foto: Onno/ Okesultra.com)

OKESULTRA.COM, KENDARI – Tumbuhan kecubung rupanya sering disalahgunakan oleh anak muda ‘jaman now’ karena memiliki efek yang dapat memberikan efek halusinasi.

Orang yang mengkonsumsi akan mengalami halusinasi parah dan efek kesenangan sesaat karena kandungan dari tanaman ini.

Menanggapi hal tersebut, Kapolsek Kemaraya, IPTU Fajar Mauludi meng-imbau warganya untuk tidak mengonsumsi tumbuhan berbahaya itu. Jika warga menemukan tumbuhan tersebut, agar segera melaporkan kepada anggota Bhabinkamtibmas.

“Kami mengimbau kepada masyarakat jika menemukan tumbuhan tersebut agar segera melaporkan, kita musnakan agar tidak disalahgunakan,” terang Fajar Mauludi, saat ditemui di ruangannya, Jumat (3/8/2018) siang tadi.

Kata dia, belum lama ini, Bhabinkatibmas Polsek Kemaraya sudah mengamankan dan memusnahkan tumbuhan kecubung itu yang ditemukan di sekitar Pasar Higienis Kelurahan Sodoha, Kecamatan Kendari Barat.

“Kami musnahkan tumbuhan itu, di pelataran Pusat Pelelangan Ikan, dengan cara dibakar,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada 1 Agustus 2018 lalu, seorang pelajar yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas berinisial R (17) mengalami mabuk seperti orang gila yang diduga akibat mengkosumsi tumbuhan kecubung.

Saat ditemukan, korban mengamuk dan beralusinasi sehingga dilarikan ke Rumah Sakit Santa Ana, pihak rumah sakit kemudian menyarankan agar korban dibawa di Rumah Sakit Jiwa.


Penulis: Onno
Editor: Ronal Fajar