Jalan poros Desa Matarawa Kecamatan Watopute Kabupaten Muna. (Foto: Syamsul/OKESULTRACOM).
Jalan poros Desa Matarawa Kecamatan Watopute Kabupaten Muna. (Foto: Syamsul/OKESULTRACOM).

OKESULTRA.COM, RAHA– Pengerjaan jalan poros desa Matarawa, kecamatan Watopute, kabupaten Muna yang saat ini dalam proses pengerjaan menuai banyak reaksi dan komentar dari berbagai kalangan, yang menilai dalam pengerjaannya terdapat banyak kejanggalan.

Seperti yang diutarakan Ketua Aliansi Pergerakan Pemuda Pelajar (APPP) kecamatan Watopute, Muhamad Samsul Alam, menurutnya, kejanggalan ditemukan dimana pada papan proyek tidak termuat batas waktu pelaksanaan, padahal menurutnya ini cukup penting, agar masyarakat tau sampai kapan proyek tersebut dimulai dan kapan akan diselesaikan.

“Masa anggaran miliaran papan proyeknya tidak jelas? Inikan tidak hanya menyalahi Perpres, namun juga bertentangan dengan semangat transparansi sesuai dengan amanat undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik,” ungkap Muhamad Samsul Alam, Rabu, (8/8/2018).

Bahkan kata Samsul, proses pengerjaan jalan Desa Matarawa ini setengah hati, bagaimana mungkin proyek yang sudah jelas penganggaranya yakni sebesar Rp4 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) kemudian ditinggalkam begitu saja sebelum rampung.

“Setidaknya pelaksana proyek memberikan penjelasan kepada masyarakat, bukan pergi begitu saja, kemudian masyarakat kembali bertabur debu setiap hari. Kalau hanya penimbunan hitungan saya sudah tiga kali dilakukan namun pada akhirnya tidak dilanjutkan lagi,” bebernya.

Hal senada juga dikeluhkan oleh salah satu masyarakat Desa Matarawa, Waode Hasna, yang menilai pemerintah dalam hal ini Inspektorat Kabupaten Muna harus turun kelapangan mengecek lokasi pengerjaan proyek, begitu pula dengan DPR.

“Saya sangat berharap ini direspon dengan cepat, sebelum masyarakat melakukan blokir jalan di desa Matarawa, ini yang akan merugikan banyak pihak dan anggota DPR jangan hanya duduk disinggasana “kursi panasnya” tanpa peduli kondisi masyarakat yang diwakilinya,” tukasnya tegas.


Laporan: Syamsul
Publisher: Andise SL

Tulis Komentar Anda Disini