OKESULTRA.COM, KENDARI – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk mengikuti perekrutan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun anggaran 2019.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sultra, Kombes Pol Muhammad Dwita Kumu Wardana mengatakan, pembukaan pendaftaran SIPSS tahun anggaran 2019 akan dimulai pada 15 Januari 2019, esok hari.

“Pembukaan pendaftaran secara online resmi dimulai besok 15 Januari 2019 dan akan ditutup pada 31 Januari 2019,” ucap Dwita saat ditemui pada Senin (14/1/2019).

“Pendaftaran online-nya melalui website penerimaan.polri.go.id,” imbuhnya.

Berikut persyaratan SIPSS TA 2019:

Persyaratan Umum :

– Warga Negara Indonesia (pria atau wanita);

beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa;

– Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;

– Berumur paling rendah 18 (delapan belas) tahun;

– Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan minimal setingkat RSUD);

– Tidak sedang terlibat kasus pidana atau pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);

– Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;

– Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan bersedia ditugaskan pada Satker sesuai keahlian atau latar belakang program studinya

Persyaratan Khusus :

– Pria dan wanita belum pernah menjadi anggota Polri;

– Berijazah :

S2, S1 Profesi, dan S1 sesuai dengan prodi yang dibutuhkan.

– D-IV Ahli Nautika Tk. III (wajib memiliki ijazah Ahli Nautika Tk. III dari Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia)

Khusus untuk Prodi Kedokteran :

– Dokter Forensik dan Klinis menyertakan surat keterangan lulus dari Kepala Bagain program pendidikan Dokter Spesialis (ijasah dokter spesialis)

– Dokter umum wajib mempunyai Surat Tanda Selesai Internsip (STSI) dan Surat Tanda Registrasi (STR) definitif

Bagi lulusan yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan program studi yang terakreditasi A dan B dengan IPK minimal 2,75 (terdaftar di BAN-PT) wajib melampirkan tanda lulus/ijazah yang dilegalisir/diketahui oleh Pembantu Dekan bidang Akademik.

Bagi lulusan Perguruan Tinggi di Luar Negeri wajib melampirkan surat keputusan penyetaraan yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi

Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan SIPSS T.A. 2018 : maksimal 33 (tiga puluh tiga) tahun untuk S-2 Profesi; maksimal 29 (dua puluh sembilan) tahun untuk S-1 Profesi; maksimal 26 (dua puluh enam) tahun untuk S-1/D-IV dan Khusus S-1 Seni Musik maksimal umur 28 (dua puluh delapan) tahun;

Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) : pria : 158 (seratus lima puluh delapan) cm; wanita : 155 (seratus lima puluh lima) cm.

Belum pernah menikah (belum pernah hamil/melahirkan) dan sanggup untuk tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan.

Khusus S-2 Profesi diperbolehkan sudah menikah namun bagi wanita belum mempunyai anak dan sanggup tidak mempunyai anak/hamil selama pendidikan pembentukan.

Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Perwira Polri.

Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain. Mendapat persetujuan dari instansi yang bersangkutan bagi yang sudah bekerja dan pernyataan berhenti dengan hormat bila lulus seleksi dan terpilih masuk pendidikan pembentukan Polri.

Mengikuti dan lulus pemeriksaan dan pengujian sebagai berikut :

Tingkat daerah dengan sistem ranking (tidak menggugurkan) meliputi : pemeriksaan administrasi;

pemeriksaan kesehatan tahap I; pemeriksaan psikologi tertulis; pemeriksaan kesehatan tahap II; rikmin akhir dan penentuan kelulusan akhir daerah

Tingkat pusat dengan sistem gugur meliputi :

pemeriksaan administrasi;

uji Kompetensi (praktek sesuai Profesi/ Prodi)

pemeriksaan kesehatan I dan II termasuk (Kesehatan jiwa)(jar/ak)

Tulis Komentar Anda Disini