OKESULTRA.COM, KENDARI – Malang benar nasib Hasnia Asa (42). Kondisinya saat ini sangat memprihatinkan akibat penyakit kanker payudara stadium empat yang dideritanya.

Ibu dua anak ini hanya terbaring tak berdaya di tempat tidurnya, karena payudaranya sudah mulai membusuk, darah kotor kerap keluar jika ia bergerak sedikit saja.

Kondisi Hasnia, warga yang saat ini berdomisili di Jalan Bunga Kolosua nomor 13, RT 006/RW 003, Kelurahan Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat tersebut, diketahui dari laporan Pengurus Rumpun Perempuan Sultra (RPS), Helny Setyawan pasca menerima laporan dari salah seorang rekannya yang berprofesi sebagai fasilitator PKH.

Helny menyebutkan, berdasarkan informasi yang diterimanya, sejak mengidap penyakit tersebut sekira tiga tahun lalu, Hasnia tidak pernah mendapatkan perawatan medis, karena tidak memiliki biaya.

Penderitaannya kian lengkap, saat sang suami memutuskan untuk meninggalkannya pada 2004 silam, sejak dirinya diketahui menderita penyakit mematikan itu. Ditambah lagi, Hasnia harus memenuhi kebutuhan hidup dua anaknya yang kini tinggal bersama dirinya.

Pasca diceraikan sang suami, untuk kebutuhan hidup sehari-harinya bersama dua anaknya, Hasnia mengantungkan hidup kepada saudaranya.

“Saat ini Ibu Camat Kendari Barat, RPS dan Fasilitator PKH, Hasna sedang mengusahakan bantuan agar warga miskin tersebut mendapat jaminan kesehatan,” ujar Helny.

“Kasian ibu itu, dia sudah dikasih rekomendasi dari Dinsos Kota untuk diusulkan ke Dinas Kesehatan agar mendapat jaminan kesehatan yang disubsidi oleh pemerintah kota, tapi masih harus menunggu tiga bulan lamanya,” ungkap Helny.

Guna meringankan beban Hasnia, Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kendari membuka rekening donasi bagi siapa saja yang ingin membantu meringankan bebannya.

Donasi berupa uang dapat disalurkan ke rekening BRI dengan nomor 7134 01 003267 53 6 atas nama Ronal Fajar Wana. (jar/a)


Tulis Komentar Anda Disini