OKESULTRA.COM, KENDARI – KNPI Bombana melangkan somasi terkait kerusakan alam dan ekosistem laut yang diduga akibat aktifitas pertambangan PT. Timah Eksplomin di pesisir Desa Baliara Kota hingga Wambanipa, Kabaena, Bombana.

Sekretaris KNPI Bombana, Agustamin Saleko mengatakan somasi tersebut berisi tuntutan ganti rugi dan pertanggung jawaban hukum.

“Dikirimnya somasi ke 2 pada pihak perusahaan dilakukan setelah, kami menerima hasil investigasi lapangan Dinas Lingkungan Hidup Bombana yang hasilnya positif menyatakan perusahaan tambang (PT Timah Eksploming) yang beroperasi di wilayah dua kecamatan (Kabaena dan Kabaena Barat) benar mencemari perairan yang merupakan pemukiman warga yang berprofesi sebagai nelayan,” jelasnya, Kamis (31/1/2019).

Lanjut Agustamin, KNPI Bombana menuntut PT. Timah Explomin membayar kerugian masyarakat yang terkena dampak pencemaran lingkungan sebesar 184 Miliar lebih dan mendesak perusahaan mengembalikan fungsi ekosistem laut yang dirusak seperti semula.

Selain itu KNPI Bombana memberi tenggat waktu hingga 7 hari agar somasi yang dilayangkan kepada perusahaan, sekaligus meminta perusahaan membuka ruang dialog dengan masyarakat sekitar.(asl)


Tulis Komentar Anda Disini