OKESULTRA.COM, JAKARTA – Komisi II DPR RI kedatangan audiens yakni Bupati Nabire, Ketua Umum DPP Partai Papua Bersatu, ketua Tim kerja pembentukan daerah otonomi kabupaten bogoga dan koordinator tim 502 kebangkitan provinsi Papua tengah dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) tentang usulan pembentukan daerah otonomi baru.

RDPU tersebut digelar untuk menindaklanjuti janji presiden Jokowi tentang pemekaran provinsi Papua Tengah hal tersebut di sampaikan presiden saat melakukan kunjungan kerja nya di Wamena ibu kota Jayawijaya pada tanggal 28 Oktober 2019.

Anggota Komisi II DPR RI, Ir. Hugua mendukung keinginan masyarakat Papua tentang pemekaran daerah baru, bahkan mendesak pemerintah mencabut moratorium, apalagi pemekaran Papua Tengah tersebut sudah di dijanjikan oleh presiden.

“Saya mengusulkan agar moratorium pemekaran itu dicabut, karena semangat pemekaran itu adalah semangat pemerataan pembangunan,” ungkap mantan Bupati Wakatobi itu.

Dalam kurun waktu yang tidak lama, Komisi II DPR RI kembali melakukan RDP bersama Kemendagri dalam membahas tuntutan pemekaran daerah oleh masyarakat Papua, bahkan tak lupa pula Hugua mengingatkan kembali Kemendagri untuk membahas pemekaran Kepulauan Buton (Kepton).

“Pemekaran adalah momen politik, untuk itu maka langkah yang dilakukan oleh teman teman dari Papaua ini bisa ditiru oleh derah lain yang mau mekar, dan saya sangat mendukung pemekaran yang didorong oleh teman-teman dari papua tengah, apalagi ini sudah disampaikan oleh presiden langsung,” terangnya.

Laporan: Iwan

Tulis Komentar Anda Disini

loading...