OKESULTRA.COM, JAKARTA – Dalam Focus Group Discusion (FGD) yang digelar oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Hotel Aryaduta Jakarta telah dirumuskan isu-isu strategis dalam rangka memperkuat ketahanan ekonomi.

Kegiatan tersebut bertujuan menyerap isu-isu strategis yang muncul baik di kalangan pemerintah pusat, pemprov juga pemda kab/kota, akademisi dan juga di masyarakat umum, turut hadir pula Anggota DPR RI Dapil Sultra, Ir. Hugua.

Pada kesempatan tersebut Ir. Hugua yang juga mantan Bupati Wakatobi dua periode itu diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman selama dirinya memimpin pemerintahan di Kabupaten Wakatobi, serta pengelolaan sumber daya manusianya khsusnya meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat wakatobi.

“Dalam memimpin daerah seorang bupati harus bisa memetakan potensi daerah dan sumber daya manusia, jgn sampai salah dalam mengambil keputusan yg merugikan daerah nya sendiri karena tdk bisa memetakan potensi kawasannya,” papar Hugua, Selasa (22/10/2019).

Kemendagri, lanjutnya, perlu membuat regulasi yang mengatur hubungan antara pemerintah pusat, provinsi dan kab/kota untuk lebih bisa berkolaborasi dan saling mengisi sehingga tidak ada lagi mis-kordinasi atau mis-persepsi antar pemerintah pusat dan daerah.

“Kemendegari juga harus mengevaluasi kebijakan-kebijakan yg tumpang tindih di level pemerintah provinsi dan pemerintah Daerah,” jelasnya.

Selain itu, tambah Ketua PHRI Sultra ini, Mendagri yang baru perlu mendorong terciptanya UU, PP, Permen atau aturan aturan yang mengikat para Gubernur / Bupati Walikota , camat, kades sinergis dan menyatu dalam pelaksanaan pembangunan secara efektif dan efisien.

“Sinergis dimaksud tidak hanya pada sesama pejabat dalam satu propinsi tapi juga antar propinsi dan kawasan tegasnya. Itu saja sdh luar biasa, tentu tugas tugas lainya juga penting,” tambahnya.

Laporan: Iwan

Tulis Komentar Anda Disini