Hina Presiden, Pelajar SMA Asal Buteng Terancam Pidana Enam Tahun Penjara
Tersangka SN (tengah) yang berhasil diamankan oleh anggota gabungan Polres Baubau dan Polsek Mawasangka Timur (Foto: Abidin/OKESULTRACOM)

OKESULTRA.COM, LABUNGKARI – Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Mawasangka Timur, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) berinisial SN (16) harus pasrah diamankan oleh pihak Kepolisian, akibat ulahnya menghina Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, di salah satu grup Facebook (FB).

Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharam, SIK MPA saat dikonfirmasi, Sabtu (15/09) oleh wartawan Okesultra.com melalui pesan WhatsApp mengatakan, benar adanya salah seorang pelajar SMA di Mawasangka Timur diamankan oleh anggotanya di Polsek Mawasangka Timur.

Pemuda kelas 2 SMA tersebut diamankan akibat memposting status yang bernada hinaan terhadap Presiden Republik Indonesia.

Dikatakan lagi, postingan ini ditemukan oleh Patroli Cyber Troop Polres Baubau, sehingga jajaran Polsek Mawasangka Timur bersama anggota Polres Baubau melakukan lidik terkait pemilik akun yang memposting status tersebut.

Setelah berhasil di lidik, pemilik akun sekaligus pelaku tersebut berhasil ditangkap di Desa Bonemarambe, Kecamatan Mawasangka Timur oleh anggota gabungan Polres Baubau dan Polsek Mawasangka Timur.

Kini pelaku sudah diamankan di Mako Polsek Mawasangka Timur untuk dimintai keterangan terkait dengan postingannya yang bernada penghinaan kepada orang nomor satu di Indonesia.

SN terancam melanggar Pasal 45 Ayat (3) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 27 Ayat (3) UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan atau denda paling banyak Rp. 1 miliar.


Laporan: Abidin

Tulis Komentar Anda Disini