HMPS STIKES Mandala Waluya Kendari Gelar Seminar Nasional Tenaga Kesehatan. (Foto: Istimewa).

OKESULTRA.COM, KENDARI – Himpunan Mahasiswa Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat STIKES Mandala Waluya Kendari, menggelar seminar nasional dengan tema peran tenaga kesehatan dalam menghadapi transisi epidemiologi dan perubahan iklim di wilayah pesisir dan pertambangan melalui revolusi industri 4.0 disalah satu hotel di Kendari.

Bertindak sebagai pemateri Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Prof R. Budi Haryanto, Internist, dr. Haeril Anwar dan Ketua IAKMI Sultra, Ramadhan Tosepu.

Ketua Panitia Pelaksana, Suharjuniatin mengatakan seminar tersebut terselenggara atas kerja sama gabungan beberapa organisasi profesi.

“Alhamdulillah untuk hari ini kita mengagum dengan organisasi profesi, jadi masing-masing ASN itu sudah adalah profesi, jadi PPNI, IAKMI, dan Kesmas,” ungkapnya Sabtu (12/1/2019).

Lebih lanjut, pihak panitia mendatangkan pemateri yang handal dibidangnya untuk mendukung pemahaman dan tujuan tema seminar bisa dipahami oleh peserta.

“Kami datangkan pemateri dari UI, kebetulan dia yang lebih mengerti dengan tema yang hari ini kita jalankan,” tambah Suharjuniatin.

Untuk diketahui, seminar tersebut selain dihadiri mahasiswa juga hadir mayoritas ASN dari sejumlah organisasi profesi seperti, kesehatan lingkungan, perawat, farmasi, IAKMI kesehatan masyarakat.

Suharjuniatin berharap, IAKMI kedepan dapat menjalankan pekerjaan sesuai profesi dengan terarah, sebab saat ini bidang kesehatan masyarakat masih belum mendapat kejelasan terkait profesi berbeda dengan profesi medis dan farmasi.

“Jadi harapannya semoga Kesmas bisa lebih tau kemana arah mereka bisa bekerja, sama seperti kesehatan lingkungan yang sekarang ada yang kerja di Bank, berbeda dengan profesi lain,” tutupnya.(asl)


Tulis Komentar Anda Disini