Penyerahan almamater dan daftar nama mahasiswa KKN Universitas Dayanu Ikhsanuddin kepada Bupati Muna Barat oleh Rektor UnidayaN
Penyerahan almamater dan daftar nama mahasiswa KKN Universitas Dayanu Ikhsanuddin kepada Bupati Muna Barat oleh Rektor Unidayan (Foto: Dennis/OKESULTRACOM)

OKESULTRA.COM, LAWORO – Bupati Muna Barat (Mubar), La Ode M Rajiun Tumada, menyambut kedatangan 160 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) BauBau, di Kabupaten Muna Barat tahun 2018. Penyambutan Mahasiswa KKN Unidayan tersebut bertempat di aula kantor kecamatan Wadaga pada Kamis (13/9/2018).

Para mahasiswa Unidayan angkatan-37 tersebut rencananya akan ditempatkan ke lima wilayah Kecamatan yakni Wadaga, Lawa, Sawerigadi, Barangka dan Kusambi selama 40 hari.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Muna Barat, Rektor Unidayan, dosen pembimbing, camat, kepala sekolah dan kepala desa se-Mubar.

Dalam Sambutannya, Rajiun menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Unidayan dan seluruh mahasiswa yang telah memberi kepercayaan kepada Mubar sebagai lokasi KKN.

“Saya mengucapkan selamat datang, dan terima kasih atas kepercayaan Bapak Rektor Unidayan yang menempatkan para mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat di lima kecamatan di Kabupaten Muna Barat sebagai tempat kuliah kerja nyata,” ujar Rajiun.

Rajiun melanjutkan, ini merupakan bagian dari penerapan kerjasama dalam bidang Tri Dharma bersama perguruan tinggi Unidayan yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Saya merasa gembira karena dengan adanya kuliah kerja nyata ini serta berbagai disiplin ilmu yang mahasiswa miliki akan membantu menunjang pembangunan dalam berbagai sektor di Kabupaten Muna Barat khususnya di lima kecamatan yang mereka tempati,” ujar ketua Lemkari Sultra ini.

Rajiun juga berharap kepada para mahasiswa Unidayan yang akan melaksanakan kuliah kerja nyata, dapat melakukan identifikasi masalah yang ada dalam masyarakat serta membantu mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. Salah satunya dengan melakukan pemberdayaan potensi masyarakat setempat menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik.

Diharapkan pula Para Mahasiswa peserta KKN dapat lebih meningkatkan kepedulian dan empati kepada permasalahan yang dihadapi masyarakat. sehingga mendorong terjadinya perubahan perilaku mahasiswa sebagai pelaku perubahan (agent of change) dalam proses perubahan masyarakat untuk menjadi lebih baik.

Rajiun juga Berpesan kepada para camat untuk selalu berkoordinasi dengan para peserta KKN demi kelancaran seluruh kegiatan.

“Saya titip agar adik-adik mahasiswa ini dibantu kelancaran pelaksanaan program-program kerjannya, koordinasikan dengan para kepala desa dan tokoh-tokoh masyarakat setempat. pastikan bahwa dukungan masyarakat dan pemerintah kepada mahasiswa dapat diberikan secara optimal,” pungkasnya.


Laporan: Dennis
Editor: Aroel

Tulis Komentar Anda Disini