Desa Wisata Namu di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Foto: Yos Hasrul)
Desa Wisata Namu, Destinasi Wisata, Sulawesi Tenggara
Desa Wisata Namu di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Foto: © Copyright Yos Hasrul)

OKESULTRA.COM, KENDARIDestinasi wisata bahari masih menjadi andalan di Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menarik minat wisatawan mancanegara maupun domestik, dan diharapkan mampu memenuhi target satu juta wisatawan nasional.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra melalui Dinas Pariwisata menetapkan sepuluh destinasi wisata dari 17 kawasan kabupaten/kota dengan potensi keunggulan daerahnya masing-masing.

“Sebenarnya destinasi wisata Sultra bukan hanya sepuluh karena 17 kabupaten/kota masing-masing memiliki keunggulan sehingga dipastikan pada tahun-tahun mendatang akan mengalami pergeseran,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sultra Sahrudin Nurdin di Kendari, Sabtu (28/4) seperti dikutip dari laman Republika Online.

Berikut ini sepuluh destinasi wisata Sulawesi Tenggara, yakni :

1. Pulau Lebengki (Kabupaten Konawe Utara),
2. Pulau Bokori (Kota Kendari),
3. Desa Wisata Namu (Konawe Selatan),
4. Pantai Meleura (Kabupaten Muna),
5. Hutan Magrove (Kabupaten Buton Utara),
6. Pulau Hoga (Kabupaten Wakatobi),
7. Hutan Lambusango (Kabupaten Buton),
8. Benteng Keraton Buton (Kota Bau-bau),
9. Desa Wisata Tangkeno (Kabupaten Bombana), dan
10. Permandian Tamborasi (Kabupaten Kolaka).

Destinasi wisata di Sultra sangat menarik wisatawan. Tetapi, ketersediaan infrastruktur yang memadai seperti hotel atau villa, restoran dan sarana transportasi dinilai masih menjadi kendala serius yang harus mendapat perhatian dari pemerintah daerah.

“Potensi wisata di Sultra memiliki nilai ekonomi tinggi tetapi pemerintah dan pelaku usaha kepariwisataan harus bersama-sama mengatasi keterbatasan infrastruktur seperti hotel, restoran, villa dan sarana transportasi jalan sehingga wisatawan mau mengeluarkan biaya besar sekalipun yang penting nyaman di lokasi wisata yang dikunjungi,” ungkapnya.

 

Tulis Komentar Anda Disini