Pimpinan Cabang Pegadaian Kendari, Mustamim Takwim
Pimpinan Cabang Pegadaian Kendari, Mustamim Takwim (Foto : Andise/OKESULTRACOM)

OKESULTRA.COM, KENDARI – PT Pegadaian (Persero) cabang Kendari yang terletak di Jalan Mayjen Sutoyo, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai ramai melayani transaksi gadai dan tebus barang hingga menjelang lebaran.

Sudah menjadi rutinitas sebagian masyarakat, barang yang digadai sebelumnya ditebus kembali dan sebagian pula menggadai barang untuk menutupi keperluan lebaran.

“Trennya hampir sama tiap tahun menjelang ramadan dan lebaran, naik sekitar 10-15 persen dibanding sebelum bulan ramadan,” kata Pimpinan Pegadaian Cabang Kendari, Mustamim Takwim, saat ditemui diruangannya, Kamis (7/6/2018).

Ia menambahkan, Pegadaian terakhir membuka pelayanan pada hari Senin (11/6/2018) dan hingga Kamis (19/6/2018) dengan mengikuti pedoman hari libur nasional.

Asumsi Pegadaian Kendari, ibu rumah tangga menjadi kalangan yang mendominasi bertransaksi barang gadai maupun tebus.

“Sebagian besar banyak dari kalangan ibu rumah tangga yang butuh dana instan karena keperluan lebaran,” ungkapnya.

Dijelaskannya, saat ini penebusan barang gadai masih didomonimasi oleh perhiasan emas, jumlahnya hampir mencapai 98 persen, tak mengherankan, sebab hal tersebut didukung sebagai produk utama pegadaian.

Untuk melebarkan sayap transaksi produk pegadaian, pihaknya telah mengeluarkan produk pembiayaan kendaraan dan disambut baik dengan jumlah nasabah pembiayaan kendaraan sudah mulai meningkat.

“Ini baru, namun alhamdulillah nasabah mulai meningkat untuk produk ini itu artinya sudah mulai diterima oleh masyarakat,” tutupnya.


Laporan: Andise
Editor : Wiwid Abid Abadi

Tulis Komentar Anda Disini