Salah satu tersangka korupsi pengadaan alat pakan ternak di dinas pertanian dan peternakan kota kendari (foto: Ronal/Okesultra.com)
Salah satu tersangka korupsi pengadaan alat pakan ternak di dinas pertanian dan peternakan kota kendari (foto: Ronal/Okesultra.com)

OKESULTRA.COM, KENDARI – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari telah menetapkan dua orang sebagai tersangka terkait dugaan penggelembungan anggaran pengadaan alat pakan ternak di Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Kendari.

Keduanya berinisial Yd dan Md. Yd merupakan kontraktor pengadaan alat dan Md adalah mantan kepala bidang di dinas tersebut.

Usai menjalani pemeriksaan pada Selasa (23/10/2018) di Kejari Kendari, keduanya langsung dibawa ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I A Kendari untuk menjalani penahanan selama 20 hari dalam rangka penyidikan.

Kepala Kejari Negeri Kendari, Sopran Telaumbanua melalui Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Sofyan Hadi mengatakan penahanan dilakukan setelah berkas perkara keduanya dinyatakan lengkap oleh pihak penyidik.

“Hari ini Kejari Kendari resmi menahan dua orang yang berinisial Yd dan Md dengan dugaan melakukan mark up anggaran dalam pengadaan alat pakan ternak dengan anggaran lebih dari Rp 400 juta dan kerugian negara mencapai lebih dari Rp 200 juta,” ungkap Sofian.

Sofian menambahkan, keduanya melakukan mark up pada pengadaan alat pakan ternak pada anggaran tahun 2017 lalu.

“Sementara ini baru dua tetapi tidak menutup kemungkinan jumlah tersangka akan bertambah karena kami sedang melakukan pengembangan,” imbuhnya.

Kedua tersangka dituduh melanggar Pasal 2 dan 3 Undang-undang No 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman diatas 20 tahun penjara.


Laporan: Ronal

Tulis Komentar Anda Disini