OKESULTRA.COM, TIRAWUTA – Bupati Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah berkeinginan untuk menjadikan Koltim ikon di bidang hortikultura dengan menjadi sentra penghasil buah Melon terbesar di Sulawesi Tenggara.

Hal ini diungkapkan bupati saat menghadiri panen raya tanaman hortikultura Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mukti Tani Desa Mulya Jaya, Kecamatan Dangia, Jumat (8/2/2019).

Turut hadir dalam panen raya ini, Ketua Tim Penggerak PKK Koltim, Surya Adelina Hetapea dan para pimpinan OPD.

Selain itu lanjutnya, di Koltim sudah mulai banyak masyarakat membudidayakan tanaman hortikultura tersebut dan sangat mudah tumbuh.

‘‘Kolaka Timur harus bisa menjadi sentra atau pusat produksi buah Melon ini di Sultra. Coba lihat di hotel-hotel atau rumah makan, pasti yang disajikan ada buah melonnya. Selain itu, harganya juga selalu baik. Makanya harus kita kembangkan ini mengingat juga harga dipasaran dan permintaan tinggi,’’ ujarnya.

Untuk itu, ia memerintahkan Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura untuk mengevaluasi kegiatan di dinasnya, guna akselerasi program di semua bumdes di Koltim.

Tak hanya Melon, tanaman hortikultura lainnya yang perlu dikembangkan diantaranya cabai, timun, semangka, gambas dan lain sebagainya.

“Kita ingin Kolaka Timur ini sebagai sentra hortikultura terbesar di Sultra,’’ serunya.

Tony berharap Koltim semua Bumdes agar memaksimalkan segala potensi yang ada, mampu menjabarkan visi dan misi daerah yakni, menjadikan Koltim sebagai daerah agrobisnis yang unggul dan berdaya saing.(asl)


Tulis Komentar Anda Disini