Adly Yusuf Saepi, SH.,MH.(Foto: Istimewa).

OKESULTRA.COM, TIRAWUTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Timur telah mengkonfirmasi pencoretan dua caleg, masing-masing caleg berasal dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“KPU mencoret caleg Nasdem atas nama Jorgie Aditya Prawira nomor urut 4, dapil koltim 1 dan caleg PPP atas nama Muhammad Iqra Alfa, nomor urut 5 dapil koltim 1 dari DCT karena kedua caleg yang bersangkutan tersebut sudah tidak memenuhi syarat lagi sebagai calon,” ujar Komisioner KPU Koltim, Adly Yusuf Saepi, SH.,MH Kordiv. Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Selasa (15/1/2019).

Lanjut Adly, sesuai dengan ketentuan Surat KPU Nomor 31/PL.01.4-SD/06/KPU/I/2019 tertanggal 09 Januari 2019 perihal Calon Tidak Memenuhi Syarat Pasca Penetapan DCT sebab caleg tersebut telah diberhentikan oleh pimpinan parpol yang mengusungnnya.

“Bukan karena lulus CPNS, kalaupun kedua caleg yang bersangkutan tersebut lulus CPNS itu karena kebetulan saja rejekinya, namun yg pastinya bahwa kedua caleg tersebut telah mengundurkan diri dari partai jauh hari sebelum keluar pengumuman CPNS” jelas dosen Fakultas Hukum Universitas Lakidende Non aktif ini.

Kedua caleg diberhentikan sebagai anggota partai berdasarkn SK No 0114/SK/DPD Nadem-KLTM/IX/2018 tgl 28 sep 2018 yang ditandatangnai oleh ketua dan sekretaris partai Nasdem, untuk caleg PPP diberhentikan berdasarkan SK PPP No. 14/SK/DPC Koltim/XII/2018 tanggal 7 Desember 2018.

Sebelumnya, KPU Koltim telah melakukan klarifikasi kepada pimpinan parpol sebelum KPU mencoret caleg tersebut dari DCT Pemilu 2019 sesuai dgn ketentuan regulasi Keputusan KPU Nomor 961/PL.01.4-Kpt/06/KPU/VII/2018 tentang petunjuk teknis perbaikan, penyusunan dan penetapan DCS serta Penyusunan dan penetapan DCT Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota bagi Calon anggota DPR, DPRD Prov dan DPRD Kab/Kota.(asl)


 

Tulis Komentar Anda Disini