OKESULTRA.COM, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merilis daftar nama calon legislatif (caleg) mantan narapidana (napi) korupsi, dengan berdasar pada pasal 182 dan pasal 240 dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Dari data yang dihimpun KPU, ada 49 nama caleg eks koruptor , 9 merupakan caleg DPD, dan tiga diantaranya berasal dari Sultra, ketiganya merupakan caleg DPD RI yaitu A Yani Muluk, Mashur Masie Abunawas dan La Ode Bariun.

Sementara caleg DPRD provinsi berjumlah 16 orang, dan caleg DPRD kabupaten/kota sebanyak 24 nama caleg eks napi korupsi.

“Ada 49 caleg berstatus mantan terpidana korupsi pada Pemilu 2019. Bahwa kemudian mengutip ketentuan Pasal 182 dan Pasal 240 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 yang mensyaratkan calon legislatif dengan status mantan terpidana untuk mengumumkan statusnya secara terbuka kepada publik,” kata Komisioner KPU, Ilham Saputra seperti dilansir Tribunjateng.com.

Dalam rilis tersebut, KPU merinci partai yang mencalonkan caleg mantan napi korupsi diantaranya, Golkar dengan 8 nama, Gerindra 6 nama, Hanura 5 nama, Berkarya 4 nama, Demokrat 4 nama, PAN 4 nama, Garuda 2 nama,  Perindo 2 nama, PKPI 2 nama serta PDIP-P, PKS dan PBB masing-masing 1 nama. Sedangkan empat parpol lainnya, yakni NasDem, PKB, PSI, dan PPP, tidak memiliki caleg eks koruptor.(asl)


Tulis Komentar Anda Disini