OKESULTRA.COM, KENDARI – Maraknya penggunaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) atau biasa kita kenal dengan sebutan Elpiji sangat tidak tepat sasaran, karena masih banyak kalangan menengah keatas yang menggunakan LPG 3kg, hal itu diungkapkan langsung oleh Sales Executive LPG Sultra PT Pertamina, Arnaldo Andika Putra dalam acara Launching Ashiap (Aksinya Himpunan Pers) Ngenalin Brighgas, Rabu (24/7/2019).

“Susuai data yang kami peroleh masih banyak orang mampu dari segi ekonomi yang menggunakan Elpiji 3kg, padahal itu diperuntukan untuk masyarakat miskin,” ungkapnya.

Kelangkaan elpiji 3kg, lanjutnya, disebabkan masih banyak restoran atau rumah makan yang masih menggunakan gas 3kg, padahal yang tergolong usaha mikro dengan penghasilan melebihi ketentuan undang undang penggunaan LPG 3kg.

“Sebenarnya yang membuat Elpiji 3kg itu langka, karena banyak restoran yang seharusnya menggunakan LPG non subsidi, justru memakai LPG 3kg, jadi bayangkan aja kalau satu restoran membutuhkan 3 sampai 5 tabung gas 3kg perhari, berapa banyak jatah rumah tangga yang mereka ambil, padahal kalau digunakan untuk rumah tangga 3kg itu bisa sampai seminggu pemakaian,” jelasnya.

Menurutnya, UU RI nomor 104 tahun 2007 tentang pendistribusian dan penetapan tabung LPG 3 kg dan Peraturan Gubernur (Pergub) Sultra nomor 38 tahun 2015 tentang pengawasan pendistribusian LPG 3 kg menyatakan, konsumen pengguna LPG tabung 3 kg hanya diperuntukkan bagi rumah tangga dan usaha mikro.

“Kriteria usaha mikro yakni mereka yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha dan memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp300 juta atau setara omset diatas Rp800 ribu per harinya,” terangnya.

Bagi masyarakat yang tidak masuk dalam dua kategori itu, diharapkan dapat segera beralih ke tabung LPG Bright Gas. Tak usah khawatir karena saat ini telah ada varian baru yaitu Bright Gas 5,5 Kg.

“Varian baru ini memudahkan aktivitas memasak lebih aman, nyaman dan lebih terjangkau. Jadi kalau Bright Gas 12 kg agak mahal dan berat bisa anda gunakan yang 5,5 kg,” tutupnya

Penulis : Iwan

Tulis Komentar Anda Disini