OKESULTRA.COM, WANGI-WANGI – Bawaslu Kabupaten Wakatobi menghimbau dan mengajak masyarakat serta ASN agar tidak melakukan money politic dan netral terhadap penyelanggaraan pemilu melalui kegiatan Jalan Santai dan Sosialisasi sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Minggu (24/02/2019)
Anggota Bawaslu Wakatobi Arfis, mengungkapkan bahwa tujuan dari sosialisasi ini meyampaikan pesan-pesan moral kepada masyarakat sehingga dengan hadirnya sosialisasi masyarakat dan Bawaslu tidak ada jarak dan Bawaslu lebih merasa dekat terhadap masyarakat.
Jalan santai dan sosialisasi ini menyasar Pasar Wangi-wangi, Jalan raya, Gedung Darmawati, dan area senam di Marina, dengan membawa alat peraga kegiatan berupa pamflet 80 lembar, banner serta baliho.
Lanjut Kordiv. Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga ini mengatakan poin-poin yang disampaikan dalam bentuk pamflet terkait larangan money politic sesuai dalam ketentuan undang-undang.
“Masyarakat harus menghindari money politic sebab ini merupakan tindak pidana Pemilu rujukan pasal 53 ayat 1 dan 3,” ungkapnya saat dihubungi via telepon.
“Disamping itu juga masyarakat jangan terprovokasi dengan namanya uang tetapi memilih sesuai dengan hati nuraninya serta objektif,” tegas Arfis.
Pihaknya pun menegaskan kepada ASN Wakatobi untuk bersikap netral dan tidak berpihak kepada peserta pemilu, ASN harus mampu memposisikan penyelengaraan pemilu salah satu bagian dari pemilu itu sendiri.
“ASN  harus bersikap netral untuk tidak melakukan politik praktis sesuai amanah UUD, PP 53 tentang pengawasan pegawai negeri sipil dan Surat Edaran dari Menpan tentang netralitas,” terang Arfis.(hsl)


Tulis Komentar Anda Disini