Yaudu Salam Ajo, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sultra (foto: Yusran/ okesultra.com)

OKESULTRA.COM, KENDARI – Pecahnya tawuran antar dua kelompok siswa dari dua sekolah di Kota Kendari beberapa waktu lalu mengundang keprihatinan banyak pihak.

Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bahkan menyatakan bakal memanggil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sultra serta para kepala sekolah (Kepsek) terkait tawuran tersebut.

Ketua Komisi IV, Yaudu Salam Ajo mengatakan pihaknya sangat prihatin dengan aksi tawuran yang dilakukan puluhan pelajar di kota Kendari. Hal itulah yang menjadi alasan pemanggilan Dikbud dan para Kepsek oleh pihak DPRD.

“Jangan sampai hal seperti ini terjadi lagi, Dikbud dan Kepsek harus mengambil tindakan, supaya generasi penerus bangsa kita tidak melakukan hal-hal yang keliru,” katanya saat ditemui di gedung Paripurna DPRD Sultra, Kamis (13/9/18).

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan mengundang pihak kepolisian agar ada langkah-langkah yang konkrit, sehingga hal serupa, kedepannya bisa diantisipasi.

Menurutnya, penguatan mental siswa di sekolah harus diperkuat, sebab di tingkat SD, SMP dan SMA, adalah masa-masa yang labil, mudah terprovokasi serta mudah termakan isu.

“Olehnya itu, penguatan mental siswa ini harus diperkuat. Apalagi itu sudah dicanangkan oleh Pak Presiden yang namanya pembinaan moral dan pembinaan karakter di usia sekolah harus diperkuat,” ujarnya.

“Termasuk sistem pembinaannya terus diperbaiki agar para siswa tidak lagi melakukan hal yang sama,” pungkas politisi PKS ini.


Penulis: Yusran

Editor: Ronal

Tulis Komentar Anda Disini