OKESULTRA.COM, KONAWE – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi berpesan kepada seluruh perusahaan pertambangan yang ada di Sultra agar memberdayakan masyarakat sekitar tambang. Ia mengingatkan agar masyarakat lingkar tambang tak hanya dijadikan ‘penonton’.

“Masyarakat lingkar tambang tidak boleh hanya dijadikan penonton, tetapi harus dilibatkan secara langsung agar membuat perubahan secara ekonomi di masyarakat,” kata Ali Mazi saat berpidato dalam peresmian Smelter milik PT VDNI, di Morosi, Kabupaten Konawe, Senin, 25 Februari 2019.

Ali Mazi mengatakan, dampak dari aktivitas pertambangan yang akan merasakan adalah masyarakat lingkar tambang. Olehnya itu, perlu ada perhatian khusus dari perusahaan pertambangan bagi warga sekitarnya.

Dihadapan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto ia juga mengeluhkan bahwa pendamapatan sektor pertambangan di Sultra belum maksimal.

Pasalnya, kata dia, dari sektor pertambangan, pemerintah daerah hanya memperoleh pendapatan bukan pajak.

Untuk itu, pihaknya akan segera mengevaluasi pendapatan sektor tambang. Agar dampak positif pertambangan di Suptra benar -benar dirasakan oleh masyarakat.(waa).


Tulis Komentar Anda Disini