Direktur RSUP Bahteramas dr Yusuf Hamra
Direktur RSUP Bahteramas dr Yusuf Hamra (Foto: Yusran/OKESULTRACOM)
Direktur RSUP Bahteramas dr Yusuf Hamra
Direktur RSUP Bahteramas dr Yusuf Hamra (Foto: Yusran/OKESULTRACOM)

OKESULTRA.COM, KENDARI – Sejak Januari hingga Agustus 2018,  tercatat sebanyak 11.622 pasien penyakit jantung dirawat di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Bahteramas Sulawesi Tenggara.

Direktur RSUP Bahteramas dr Yusuf Hamra mengatakan, pasien rawat jalan, kasus baru berjumlah 572 pasien, sedangkan kasus lama itu berjumlah 11.050 pasien yang jika ditotalkan sebanyak 11.622 kunjungan.

“Untuk pasien yang dilakukan rawat mulai Januari hingga Agustus berjumlah 622 pasien,” ujar dr Yusuf Hamra kepada Okesultra.com, Rabu (10/10).

Sementara, kata dia, jumlah pasien penyakit jantung yang rawat jalan di RSUP Bahteramas tahun lalu berjumlah 16.568 kunjungan, dengan rincian 1.589 merupakan kasus baru, dan 14.979 merupakan kasus lama.

“Kalau untuk pasien yang di rawat inap berdasarkan data yang ada dikami itu berjumlah 789 pasien,” jelasnya.

Ia menuturkan, penyakit jantung ada tiga macam, yakni penyakit jantung koroner, kemudian penyakit jantung hipertensi dan penyakit jantung bawaan.

Dari tiga macam tersebut, lanjut dia, paling banyak ditangani adalah pasien penyakit jantung koroner.

“Jadi penyakit jantung koroner disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, misalnya penyakit jantung koroner itu dipengaruhi dari penyakit diabetes dan kolesterol tinggi, olehnya itu harus dijaga dengan baik,” tutupnya.


Laporan: Yusran

Tulis Komentar Anda Disini