Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018 (foto: Bidhumas Polda Sultra)

OKESULTRA.COM, KENDARI – Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Mantap Brata 2018” pada Rabu pagi (19/9). Apel tersebut digelar di Lapangan Tugu Religi Sultra.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019 mendatang. Selain diikuti oleh personel Polri, juga diikuti oleh personel TNI dari tiga matra yang bermarkas di Sultra.

Apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan. Dengan demikian Pemilu tahun 2019 akan dapat terselenggara dengan aman, lancar, dan damai.

Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto mengatakan pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak.

“Dalam kacamata kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan dibidang keamanan, diantaranya pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoax dan hate speech,” tulis Kapolri dalam amanatnya.

Operasi ini diselenggarakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif, dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk Satuan Tugas Tingkat Pusat, Daerah, dan Tingkat Polres.

“Saya tekankan bahwa polri berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan pemilu 2019 agar dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai, ” pungkas Kapolri.

Operasi ini direncanakan digelar selama 397 hari, terhitung mulai tanggal 20 September 2018 hingga 21 Oktober 2019, di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan 272.886 personel Polri.


Laporan: Ronal/ Bidhumas Polda Sultra

Tulis Komentar Anda Disini