Pelantikan Pengurus Parsi Sultra (foto: Yusran/ Okesultra.com)
Pelantikan Pengurus Persi Sultra (foto: Yusran/ Okesultra.com)

OKESULTRA.COM, KENDARI –  Sebanyak 34 Pengurus Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Daerah Sulawesi Tenggara periode 2018-2021 resmi dilantik. Pelantikan dipimpin oleh Ketua Umum Persi dr. Kuntjoro Adi Purjanto, di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (11/10).

Posisi ketua dijabat oleh dr. Yusuf Hamra  yang saat ini juga menjabat Direktur Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Bahteramas. Yusuf menggantikan posisi Asrum Tombili sebagai ketua Persi.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Persi dr. Kuntjoro menegaskan, para pengurus yang baru saja dilantik dituntut piawai menghadapi tantangan meningkatkan kualitas sekaligus pengelolaan keuangan di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat ini.

“Mutu harus senantiasa ditingkatkan agar masyarakat Sultra tidak lagi memilih berobat ke negara tetangga. Mulai dari pelayanan medis, pelayanan, keramahan, kenyamanan hingga persediaan obat yang berkualitas, harus kita tingkatkan,” ujar dr. Kuntjoro.

Ia berharap, Persi mampu menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah dan mengeliminasi masalah yang ada. Selain itu juga, di era JKN ini, Persi harus menjawab tantangan bagaimana pelayanan program JKN bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu, Penjabat Sekda Sultra, Sarifuddin Safaa mengatakan Persi sebagai jembatan antara rumah sakit dan stakeholder diharapkan dapat terus menjaga profesionalisme dan tanggung jawab di tengah isu yang berkembang.

“Akreditasi terhadap rumah sakit sekarang ini menjadi isu-isu yang sangat strategis sehingga para pengurus harus mampu bekerja keras, harus mampu mengemban amanah sehingga misi organisasi bisa berjalan baik,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Persit Sultra, Yusuf Hamra menyampaikan Persi merupakan wadah yang diakui menghimpun rumah sakit di seluruh wilayah Indonesia, untuk menjadi jembatan antara rumah sakit dengan stakeholder terkait.

“Sehingga kesatuan langkah rumah sakit dibawah Persi akan memberikan kesamaan arah melangkah ke depan, kearah profesionalisme, memastikan
pelaksanaan patient safety dan upaya bertahan hidup di era JKN,” katanya.

“Ini adalah tugas dan tanggung jawab yang sangat berat, saya harap kebersamaan dan kekompakan pengurus ini bisa terwujud,” pungkasnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua Umum Persi dr. Kuntjoro Adi Purjanto, Penjabat Sekda Sultra, Sarifuddin Safaa, OPD lingkup Pemprov Sultra, Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, Dinas Kesehatan Kendari, BPJS Kesehatan Kendari, seluruh Direktur Rumah Sakit se Sultra serta tamu undangan lainnya.


Laporan: Yusran

Editor: Ronal

Tulis Komentar Anda Disini