OKESULTRA.COM, KENDARI – Kapolda Sultra, Brigjend Pol Iriyanto SIK membawa personelnya ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Puuwatu, Kamis (21/2/2019).

Tujuanya tak lain adalah untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang tepat jatuh pada Kamis, 21 Februari 2019 dengan teman ‘Kelola Sampah Untuk Hidup Beraih, Sehat dan Bernilai’.

Peringatan hari peduli sampah ini diperingati setiap tanggal 21 Februari sejak tahun 2006 dengan motivasi utama untuk membangun kesadaran bersama tentang pentingnya hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah, mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat, meningkatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat luas dalam pengelolaan sampah serta membangun sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha dalam pengelolaan sampah yang semakin baik.

Hingga saat ini pengelolaan sampah masih dirasakan bermasalah dan belum optimal. Pada tahun 2015 bahwa potensi sampah plastik yang ada di lautan Indonesia mencapai 187,2 ton per tahun, yang kemudian menyatakan bahwa Indonesia menjadi negara kedua terbesar di dunia yang menyumbang sampah ke laut setelah Cina.

“Untuk itulah pengelolaan sampah perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir dengan melibatkan semua komponen pemerintah dan masyarakat,” kata Kapolda.

Peringatan hari peduli sampah yang dilaksanakan kali ini merupakan momentum yang baik untuk mensosialisasikan, membangun partisipasi dan mengedukasi masyarakat untuk berkomitmen menciptakan lingkungan yang bebas sampah, bersih dan sehat.

Kapolda mengaharapkan agar kebersihan diimplementasikan kedalam kehidupan dan aktivitas sehari-hari , baik dilingkungan tempat tinggal hingga lingkungan kerja. (tribratanews/waa).


Tulis Komentar Anda Disini