OKESULTRA.COM, KENDARI – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Duta Keadilan Sulawesi Tenggara (Sultra) yang saat ini dipercayakan oleh para korban penganiayaan di Konkep beberapa waktu yang lalu, untuk menangani kasusnya.

Beberapa warga yang melakukan penyanderaan di Konawe Kepulauan (Konkep) telah dilaporkan ke Polda Sultra, namun setelah adanya penangkapan salah satu terduga pelaku penyanderaan dan penganiaya karyawan PT Gema Kreasi Perdana (GKP), terdapat pihak-pihak yang mencoba mengintervensi kinerja kepolisian.

“Selaku tim kuasa hukum korban, kepolisian harus bertindak netral sebab yang kami laporkan itu bukan masyarakatnya akan tetapi oknum yang melakukan tindak pidana,” kata Hendro saat di hub via celulernya, Kamis (28/11/19).

Jadi yang di lakukan pihak kepolisian, lanjutnua, baik itu dalam penyidikan, penangkapan pemeriksaan para tersangka dan calon tersangka sepanjang memenuhi prosedur itu adalah sah.

Sedangkan mengenai statmen salah satu LBH, pihaknya tetap mengacu pada peraturan yang berlaku dan untuk panggilan dikepolisian itu merupakan tugas dan tanggung jawab kepolisian jika ada tindak pidana.

“Bagaimana prosesnya saat ini, kami juga masih menunggu dari pihak kepolisian tahapnya sudah sampai dimana dan perkembangan perkaranya sudah sampai dimana,” katanya.

Menyoal adanya permintaan salah satu LBH untuk menghentikan penyelidikan atau penyidikan perkara yang saat ini sedang bergulir, selaku tim kuasa hukum yang di percayakan warga, hal itu tidak boleh terjadi

“Ketika terjadinya dugaan tindak pidana, itu tidak bisa di lakukan penghentian penyelidikan dan penyidikan ataupun peroses pengembangan perkara karna kepolisian tidak boleh di intervensi oleh pihak manapun

Apalagi sambung dia, dalam hal penanganan perkara pidana karna jika kepolisian bisa di intervensi oleh insitusi lembaga atau oleh apapun tentunya mengenai kewenangan tindak penyidikan pihak kepolisian, tentunya akan menjadi masalah di kemudian hari sebab, bisa jadi tidak ada lagi yang akan percaya pada penyidik.

“Kami melakukan pendampingan kepada masyarakat yang menjadi korban dan yang kami laporkan bukan masyarakatnya akan tetapi oknum yang melakukan tindak pidana itulah yang kami laporkan,” terangnya.

Laporan : TIM

Tulis Komentar Anda Disini

loading...