OKESULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak dua ratus personel Polda Sultra mengikuti tes urine yang digelar oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Sultra.

Tes urine dadakan yang dilakukan atas perintah langsung Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto ini dilakukan secara acak terhadap personel di semua satuan kerja. Tes dilakukan di Mapolda Sultra, Selasa (27/11/2018).

Hasilnya cukup mengejutkan. Empat orang anggota dinyatakan urinenya positif mengandung narkoba. Keempatnya adalah seorang perwira menengah berpangkat Komisaris Polisi dan Bripka, Brigadir, serta Briptu masing-masing satu orang.

Keempat personel yang positif adalah Kompol S dari Pelayanan Markas, Bripka I dari Direktorat Reserse Narkoba, Brigadir GS dari Pelayanan Markas, serta Briptu B dari Biro Operasi. Keempatnya dinyatakan urinenya positif mengandung Ampetamin.

“Langkah selanjutnya adalah akan ditindaklanjuti akan didalami oleh Bid Dokkes, ditelusuri oleh Bid Propam dan kita juga akan koordinasi dengan Direktorat Reserse Narkoba,” ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sultra, AKBP Harry Goldenhardt.

Kegiatan ini, lanjut Harry, merupakan salah satu program kerja dari Bid Propam Polda Sultra bekerja sama dengan Biddokes dan Direktorat Narkoba.

“Tujuannya tentunya untuk melihat dan melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan narkotika di lingkungan Polri, khususnya Polda Sultra” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Propam Polda Sultra AKBP, Agoeng Adi Koerniawan mengatakan tes urine yang dilakukan pagi ini seharusnya dilakukan kepada seluruh anggota Polda Sultra, namun karena ada keterbatasan, sehingga pihaknya mangambil secara acak.

“Dari sekitar 600 orang yang apel pagi tadi, kami ambil secara acak yaitu 200 personil dari setiap satuan kerja,” ujar Agoeng.

Agoeng juga menegaskan, seluruh anggota Propam juga melakukan tes urin, termasuk ASN dan juga para pewarta yang biasa melakukan peliputan di Polda Sultra.

“Guna penyelidikan lebih lanjut, saat ini keempatnya sudah kami serahkan ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Sultra,” tutup Agoeng.

Sebagai informasi, tes urin ini merupakan kali ketiga yang digelar Bid Propam Polda Sultra dalam kurun waktu setahun ini.

*Catatan: artikel berita ini telah mengalami perubahan pada alinea keempat, sebelumnya tertulis “Briptu B dari Direktorat Samapta“, atas saran dan masukan pihak terkait, berubah menjadi “Briptu B dari Biro Operasi“. Redaksi memohon maaf atas kekeliruan informasi sebelumnya.


Laporan: Ronal

Tulis Komentar Anda Disini