Tersangka (baju biru) saat digelandang oleh tim Crisis Response Ditreskrimum Polda Sultra (foto: Ronal/ Okesultra.com)
Tersangka (baju biru) saat digelandang oleh tim Crisis Response Ditreskrimum Polda Sultra (foto: Ronal/ Okesultra.com)

OKESULTRA.COM, KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara berhasil menangkap pelaku pencurian terhadap seorang nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Kabupaten Muna.

Tersangka berinisial B alias A (35) ditangkap di Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari oleh tim Crisis Response Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sultra pada Selasa (18/9) sekira pukul 12.30 WITA.

“Tersangka kami tangkap atas laporan polisi nomor LP/203/IX/2018/ResMuna tanggal 3 September 2018 dengan laporan kerugian sebesar Rp 45.000.000,” ungkap Kasub Dit III Ditreskrimum, Kompol Robby Manusiwa pada Kamis (27/9).

Robby menjelaskan kronologi kejadian pencurian yang dilakukan oleh B berawal ketika korban yang merupakan seorang kepala sekolah di salah satu SMP di Raha mengambil uang bantuan sosial perbaikan sekolah sebesar Rp 45 juta di Bank BRI Raha.

“Pelaku telah memantau dan mengikuti korban sejak keluar dari Bank BRI Raha. Saat di tengah perjalanan, korban singgah di sebuah toko untuk berbelanja sesuatu, saat itulah pelaku dengan cepat mengambil uang yang ada di dalam bagasi motor korban,” imbuhnya.

Setelah melakukan aksinya, lanjut Robby, pelaku kemudian mentransfer uang hasil curiannya melalui salah satu gerai BRILink yang ada di Raha. Kemudian ia pergi menuju Kota Kendari untuk mengamankan diri.

“Pasal yang kami sangkakan kepadanya adalah Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara,” pungkas Robby.

Untuk diketahui, pelaku merupakan residivis dan telah tiga kali masuk penjara atas kasus serupa. Pelaku merupakan pemain yang biasa beroperasi antar kabupaten di Sulawesi Tenggara.


Laporan: Ronal

Tulis Komentar Anda Disini