Dua pelaku penjambretan yang diringkus oleh Polres Kendari (foto: Yusran/ Okesultra.com)
Dua pelaku penjambretan yang diringkus oleh Polres Kendari (foto: Yusran/ Okesultra.com)

OKESULTRA.COM, KENDARI – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Kendari, Sulawesi Tenggara berhasil meringkus dua remaja pelaku jambret masing-masing FR (19) dan R (16), Rabu (8/10/18).

Penangkapan kedua tersangka dilakukan di Kelurahan Manggadua, Kota Lama, oleh tim Buser Polres Kendari dan setelah dilakukan interogasi MR dan R telah mengakui perbuatannya.

Kapolres Kendari, AKBP Jemi Junaidi mengatakan persitiwa terjadi pada (2/10) sekitar pukul 03.00 Wita, dini hari, saat korban (Marsya Klarisa) menumpangi motor yang dikendarai oleh temannya Becce menuju arah Wuawua.

“Setibanya di jalan MT Haryono, Wuawua, atau tepatnya berada di depan rumah bernyanyi Naff Karaoke, kemudian dari arah kanan motor korban, kedua pelaku dengan mengendarai sepeda motor merampas tas dan menendang korban dan berlalu pergi,” kata Jemi, Rabu (10/10).

Kedua pelaku, kata dia, melakukan aksinya pada malam hari, dengan menyasar wanita karena dinilai lemah dan tidak berdaya.

“Jadi sistemnya dia keliling mencari sasaran khususnya tengah malam sampai pagi, jadi melihat korban diutamakan wanita begitu melihat dia lengah ditarik tasnya,” terangnya.

Diketahui, Kedua pelaku sudah melakukan aksinya sebanyak tiga kali, dua kali pada tahun 2016 dan satu kali pada tahun 2018.

“Kedua pelaku akan kita proses menggunakan laporan terbaru 2018. Keduanya juga menjadi target operasi karena sudah meresahkan warga,” ungkap Jemi.

Dari kejadian ini, petugas mengamankan sejumlah barang bukti, yakni satu hp merk Oppo F3 warna pink, satu buah hp lipat merk Samsung warna rose gold.

Kemudian satu buah baju warna coklat, satu celana pendek warna putih, tas ransel warna coklat, serta satu buah sepeda motor Jupiter MX warna hitam yang digunakan pelaku untuk beraksi.

Kedua tersangka dikenakan Pasal berlapis, Pasal 365 KUHP, sub Pasal 363 KUHP lebih, Sub Pasal 362 KUHP, ancaman kurungan 9 tahun penjara.


Laporan: Yusran

Tulis Komentar Anda Disini