OKESULTRA.COM, BAUBAU – Tanpa membutuhkan waktu yang lama, Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Murhum Polres Baubau berhasil mengamankan dua pelaku pencurian Handphone di Jalan Alkautsar, Kelurahan Katobengke, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau.

Kapolsek Murhum, IPDA Marvi Oksiriana Cakti STrk saat dijumpai, Sabtu (16/02/2019) mengungkapkan, kedua pelaku berinisial FL (26) dan RY (22) berhasil diamankan anggota Satreskrim Polsek Murhum bersama anggota Satreskrim Wolio serta anggota Satresnarkoba di tempat yang berbeda.

Dijelaskannya, kedua pelaku ini diketahui setelah adanya laporan warga yang kehilangan Handphone di Jalan Alkautsar, adanya laporan tersebut kemudian anggotanya melakukan pelacakan dan akhirnya mendapatkan posisi Handphone sudah dijual.

Setelah itu, pihaknya melakukan pengembangan, hingga kemudian diamankan pelaku berinisial RY dan kemudian dikembangkan lagi, diamankan pula FL di kamar kosnya bersama 5 Handphone yang diduga barang curian.

Cara pelaku melakukan aksinya yaitu dengan berjalan-jalan menggunakan motor dan ketika melihat ada korban yang lengah, kemudian pelaku ini langsung mengambil Handphone.

“Seperti kemarin, saat anak Balita sedang memaikan Handphone dan ditinggal orang tuanya, disitu mereka ada cela dan langsung mengambil Handphone tersebut dari tangan Balita itu,” kata Marvi.

Pihaknya juga sudah menetapkan, dari 5 Handphone yang diamankan, 1 Handphone sudah dijadikan barang bukti beserta satu unit sepeda motor yang digunakan kedua pelaku untuk melancarkan aksinya.

Kedua pelaku yang sudah diamankan di Mako Polsek Murhum ini merupakan spesialis atau Resedivis pencuarian Handphone yang sudah sering keluar/masuk penjara dengan kasus yang sama.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua pelaku dikenai Pasal 363 ayat (1) ke 4e dengan ancaman hukuman 7 Tahun Penjara.

Kapolsek juga menghimbau, agar orang tua senantiasa menjaga anak-anaknya dalam penggunaan Handphone maupun barang berharga lainnya, “Karena kalau kita membiarkan anak-anak kecil tanpa pengawasan, maka akan memudahkan pelaku pencurian melaksanakan aksinya,” tutupnya. (abn)


Tulis Komentar Anda Disini