Opening Ceremony Porprov XIII tahun 2018 Kolaka.

OKESULTRA.COM, KOLAKA – Wakil Ketua I Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Mayjen TNI (Purn) Suwarno meminta seluruh atlet, wasit dan pihak yang terlibat dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIII di Kabupaten Kolaka, untuk menjunjung tinggi sportifitas dan fair play.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada Porprov ke XIII di lapangan Stadion Gelora 45 Kolaka, Rabu 5 Desember 2018.

“Saya ingatkan kepada para atlet, manager, pelatih dan pihak yang terkait agar menjaga sportivitas dan menjunjung tinggi fair play  sehingga melalui porprov ini akan lahir para pemenang  dan juara sejati,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Asean Games ke-18 baru saja berlalu, Indonesia dengan raihan jumlah medali ke empat terbanyak, dan menjadi sejarah capaian prestasi tertinggi dalam keikutsertaan di Asean games.

“Setelah Asean Games ke-18, kita akan segera disibukan dalam persiapan menuju Sea Games 2019 Filipina, serta PON dan Olimpiade tahun 2020,” ungkapnya.

Lanjut Suwarno, seorang atlet berprestasi tidak dilahirkan dan terbentuk secara instant, tetapi harus melewati proses pembinaan, dimana termasuk di dalamnya kompetisi dan kejuaraan yang dilaksanakan secara terencana, terukur, bertahap dan berkesinambungan.

“Olehnya itu, saya berharap melalui Porprov ini tidak hanya menjadi pemenang dan meraih medali saja, namun juga berupaya untuk memecahkan rekor,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam sambutannya mengatakan, Porprov tahun ini ada 32 cabang olahraga dengan melibatkan 10.000 lebih atlet,  official, dan pelatih dari seluruh kabupaten dan kota di Sultra.

“Saya berharap agar multi even ini dapat terselenggara dengan baik, aman, lancar, tertib, sesuai dengan jiwa dan semangat olahraga kepada semua stakeholder,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan berupaya meminimalisir kendala-kendala yang selama ini menjadi penghambat tumbuh dan berkembangnya prestasi para atlet olahraga di Sultra, agar kedepannya bisa bersaing dengan daerah lain yang sudah banyak mengirimkan atletnya baik di kejuaraan nasional maupun internasional.

“Selamat bertanding. Buktikan kapasitasmu sebagai atlet yang berprestasi, atlet yang membanggakan bagi daerah masing-masing. Menang bukan tujuan utama tetapi juara sejati adalah tujuan sebagai olahragawan,” tandasnya.(A)


Laporan: Yusran

Tulis Komentar Anda Disini