OKESULTRA.COM, KENDARI – PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) melibatkan sejumlah ilmuan dan akademisi dari Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dalam membahas pengelolaan dan penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR).

General Manager (GM) PT VDNI, Rudi Rusmadi, mengatakan, dengan dilibatkannya para ilmuan dan akademisi UHO diharapkan agar proses pengelolaan dan penyaluran CSR lebih rapi, tepat guna dan tepat sasaran.

“Segala hal kami bahas bersama dengan apara ilmuan dan akademisi UHO, kami berharap agar pengelolaan CSR maupun penyaluran tepat sasaran dan cocok sesuai dengan mata pencarian dan potensi masyarakat di wilayah tersebut,” jelas Rudi.

Rudi mengatakan, penanganan CSR untuk tahap awal akan dimulai pda tahun 2019 mendatang dengan melibatkan langsung UHO dengan tiga Kecamatan sasaran yakni Kecamatan Morosi, Bondoala dan Kapoiala.

Setelah tahap awal di tiga Kecamatan, kata Rudi, nantinya akan diberikan juga kepada seluruh Kecamatan di Kabupaten Konawe secara bertahap.

“Tiga kecamatan dulu, pelan pelan kita coba lagi kecamatan lain sampai merata di Kabupaten Konawe, kemudian di coba lagi di luar Konawe,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim CSR PT VDNI dari UHO, Prof Laode Safuan mengatakan , penyaluran CSR yang dampaknya bisa di rasakan masyarakat setempat adalah aspek lingkungan, ekonomi, perikanan dan pertanian.

“Bantuan akan diberikan langsung ke masyarakat, misal bidang pertanian, apa saja yang dibutuh di bidiang itu maka akan dibantu. Dengan begitu masyarakat bisa mandiri, tidak hanya berharap menjadi karyawan semata,” katanya.

Ia menyebut, dengan adanya aktifitas pertambangan, dampak yang sering dirasakan adalah danpak lingkungan hingga berdampak pada mata pencaharian. Seperti di Morosi misalnya, ada tambak ikan masyarakat yang berdekatan langsung dengan aktifitas PT VDNI harus dibahas.

“Contohnya saja ada tambak ikan disana, nah kami sebagai tim CSR akan meneliti dan mengawasi, bagaimana kualitas airnya, bagaiman agar pendapatan tambak tak berkurang dengan adanya aktivitas tambang, itu akan kami beri masukan terus,” tutupnya.(A)


Laporan : Wiwid Abid Abadi

Tulis Komentar Anda Disini