LM Rajiun Tumada (tengah) nampak sedang asik ngobrol bersama Ridwan Bae (Foto:brantastuntas.com)
LM Rajiun Tumada (tengah) nampak sedang asik ngobrol bersama Ridwan Bae (Foto:brantastuntas.com)

OKESULTRA.COM, RAHA – Bupati Muna Barat (Mubar) LM Rajiun Tumada tak membantah kabar yang menyebut bahwa dirinya akan maju sebagai Bakal Calon Bupati (Cabup) pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Muna pada tahun 2020 mendatang.

Ditemui Okesultra.com dan beberapa awak media lain usai menghadiri Buka Puasa Bersama DPD II Partai Golkar Muna bersama Ridwan Bae, Rabu (13/6/2018) sore, Rajiun mengatakan bahwa Pilbup Muna 2020 masih lama, dan siapapun bisa mencalonkan diri sebagai hak warga negara dalam kebebasan berdemokrasi.

“Tahun 2020 kan masih beberapa tahun lagi, saya rasa ini kebebasan berdemokrasi tiap orang,” ujar Rajiun.

“Kalau seandainya masyarakat Muna memanggil, kenapa tidak,” sambung Rajiun.

Rajiun mengatakan, dirinya punya waktu sekitar dua tahun enam bulan setelah masa jabatannya sebagai Bupati Mubar berakhir tahun 2022. Pasalnya, Pilkada serentak selanjutnya, termasuk Mubar bakal digelar 2024.

“Pemilihan serentak itu tahun 2024, sedangkan masa jabatan saya (Sebagai Bupati Mubar, red) berakhir tahun 2022 pada bulan Januari, berarti saya harus beristirahat dua tahun enam bulan, dan kalau saya melirik di sebelah (Muna) ada pemilihan, kenapa tidak saya untuk berkompetisi,” katanya.

Mantan Kasat Pol PP Provinsi Sultra ini mengatakan tak perlu ada yang mempermasalahkan jika dirinya maju di Pilbub Muna. Sebab, kata Rajiun, itu adalah hak politiknya.

“Dan ini sebenarnya tidak mesti di permasalahkan, hanya orang yang takut yang mempermasalahkan,” tegas Rajiun.

Ditanya mengenai dukungan Golkar kepada dirinya saat maju, mengingat Golkar adalah salah satu partai pengusung ‘rivalnya’ saat Pilbub Muna Barat beberapa tahun lalu, Rajiun mengatakan bahwa politik itu dinamis dan bisa berubah kapan waktunya.

“Mengenai kemungkinan Golkar akan mendukung saya, kita kembalikan bahwa politik itu dinamis, yang tadinya bermusuhan, bisa berkawan lagi,” tutup Rajiun.


Laporan : Safaat
Editor : Wiwid Abid Abadi

Tulis Komentar Anda Disini