OKESULTRA.COM, MALAYSIA – Kunjungan Kerja (Kunker) yang dilakukan 15 Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia HIPMI Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kementerian Pembangunan dan Usahawan Malaysia, Ketua Bidang Pariwisata BPD HIPMI Sultra, Ayu Berliner Hugua mempresentasekan Potensi Pariwisata Sultra.

Usai presentase dihadapan menteri Pembangunan Usahawan Bapak YB DATUK SERI MOHD REDZUAN YUSOF dan Pejabat Tinggi Kementerian, Ayu yang juga anggota GIPI sultra ini sibuk melayani pertanyaan minor dari pejabat tinggi kementerian antara lain cara berkunjung ke Sultra khususnya ke Air Panas Wawolesea Konut, Liang Kabori Muna dan Surga Bawah Laut Wakatobi yang sangat diminati orang Malaysia.

“Hebat juga potensi Pariwisata Sultra yah,” puji Menteri Pembangunan dan Usahawan Malaysia setelah mendengar presentase dari Ayu.

Ayu panggilan akrab Putri Sulung Ir. Hugua ini awalnya mengaku grogi saat presentase di hadapan Pak menteri dan pejabat tinggi kemeterian, namun seiring dengan berjalanya waktu dapat mempresentasekan potensi Pariwisata Sultra dengan prima.

“Orang Malaysia belum punya informasi yang cukup mengenai Potensi Pariwisata Sultra, mereka haus informasi mengenai Potensi Pariwisata dan Potensi Tambang yang ada di Sultra,” ungkapnya.

Ayu yang juga sebagai Wakil Sekretaris ASITA pusat ini berharap kiranya pemerintah daerah yakni Gubernur dan Para Bupati/Walikota di Sultra melakukan komunikasi intensif dengan Pemerintah Malaysia guna meningkatkan hubungan dagang dan investasi terhadap dua komoditas tersebut.

“Sebaiknya Dinas Pariwisata Sultra juga intens melakukan Promosi Pariwisata ke Malaysia, karena jumlah kunjungan wisatawan Malaysia yang tertinggi ke Indonesia (2018) yaitu 2,50 Juta orang (15,8 % ) disusul wisatawan Tiongkok 2,14 Juta orang ( 13,5%) dan Singapore 1,77 Juta orang (11,1%),” terangnya.

Jangan promosi ke Eropa terus, lanjutnya, karena jumlah kunjungan ASEAN ke Indonesia menduduki posisi tertinggi yaitu 20,60 % dari total kunjungan ke Indonesia.

“Jadi Promosi ke Eropa itu boros dan hasilnya tidak memuaskan karena ekonomi mereka dan dunia barat lainya lagi apes,” ketus Ayu

Kunjungan Kerja Sama Bisnis tersebut dipimpin oleh Ketua BPD HIPMI sultra Sucianti Suaib Saenong. Tujuan kunjungan Kerja sama ini adalah membangun koneksi bisnis dan promosi bisnis Pariwisata dan dagang dengan para pihak di Malaysia yang antara lain kunjungan ke KJRI, Kelompok UKM Malaysia dan Kementrian Pembangunan Usahawan tersebut.

Laporan : Iwan

Tulis Komentar Anda Disini