Kondisi sampah yang menumpuk di Pasar Baruga, Kota Kendari (Foto: asl/OKESULTRA).

OKESULTRA.COM, KENDARI – Tumpukan sampah di Pasar Baruga yang terletak di Kecamatan Baruga, Kota Kendari hingga kini masih menggunung.

Sampah tersebut menumpuk di tempat pembuangan sampah yang berada di belakang pasar. Bahkan, karena belum proses pengangkutan yang tak sebanding dengan volume sampah yang ada maka sampah meluber hingga menggangu aktivitas bongkar-muat barang di pasar tersebut.

Sampah yang menumpuk disebabkan belum optimalnya pengangkutan dari Dinas Kebersihan Kota Kendari. Salah seorang pedagang Pasar Baruga, Ria (40) mengungkapkan truk pengangut sampah yang datang  dinilai belum optimal dengan hanya dua truk per hari.

“Dari mobil yang masuk itu hanya dua kalau sore, padahal sampah yang menumpuk sekitar ada 9 truk, dalam satu minggu memang diangut semua tapi besoknya penuh lagi, pengurus pasar yang sekarang sepertinya tidak peduli,” ujarnya, Minggu (24/2/2019).

Pasar yang dikenal dengan dagangan sayur yang melimpah dan murah ini kondisinya cukup memperihatinkan, sampah menggunung hingga mengular tersebut diperparah dengan bau menyengat sangat menggangu kenyamanan para pembeli dan utamnya pedagang.

Salah seorang pembeli, Ratna (24) menuturkan, hampir setiap hari ia berbelanja ke pasar yang sempat mengalami renovasi dan diresmikan pada 29 September 2017 ini, namun tumpukan sampah tersebut seolah menjadi hal yang lumrah baginya.

“Sudah biasa dengan itu sampah, kalau untuk akses jalan masuk, untung tidak hujan kalau hujan itu air sampah sebenarnya sangat menggangu,” keluhnya.(asl)


Tulis Komentar Anda Disini