OKESULTRA.COM, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Sosialisasi tatap muka dengan ibu-ibu Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Wuawua Kota Kendari, Senin (12/2/2019).

Dalam sosilisasi tersebut mengangkat  tema “Peran Perempuan dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemilu 2019”, dan dihelat di Kantor Camat Wuawua.

Beberapa hal yang menjadi fokus informasi yang diberikan kepada peserta sosialisasi, seperti pentingnya Pemilu dan demokrasi, peran perempuan dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu, hari dan tanggal pemungutan suara, jenis dan warna surat suara, pengenalan peserta pemilu tahun 2019, dan tata cara pindah memilih.

Anggota KPU Prov Sultra Selaku Kordiv Parmas, Al Munardin yang menjadi salah satu narasumber pada kegiatan sosialisasi tersebut mengatakan bahwa informasi-informasi kepemiluan tersebut perlu disebarluaskan kepada masyarakat termasuk segmen pemilih perempuan.

“Segmen perempuan dianggap cukup strategis dalam penyebarluasan informasi kepemiluan yang tentunya akan berdampak pada membaiknya pendidikan politik dan pengetahuan masyarakat terkait Pemilu, dengan membaiknya kualitas pemilih, tentu akan berdampak pada peningkatan masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut menurut Al Munardin, dipilihnya segmen perempuan pada giat sosialisasi hari ini karena kelompok perempuan memiliki pola komunikasi yang intens dilingkungan keluarga dan lingkungan sosial masyarakat sehingga harapannya informasi kepemiluan dapat tersebarluas dengan cepat di masyarakat.

Senada dengan hal itu, anggota KPU Sultra, Ade Suaerani mengatakan kesyukurannya terhadap program yang telah dicanangkan KPU telah sedikit banyak terpublikasi di masyrakat.

“Alhamdulillah mayoritas ibu-ibu BKMT Kecamata  Wuawua sangat memahami hal-hal teknis seputar Pemilu 2019, saya cukup kaget dengan pengetahuan peserta sosialisasi yang hampir semua telah mengetahui hal-hal pokok terkait Pemilu kali ini, bahkan diantara mereka sangat tertarik menjadi KPPS di wilayah masing-masing,” tambah Ade.

Ade juga mengatakan sosialisasi yng digelar dapat diserap dengan baik, sehingga terjadi interaksi yang efektif, hal tersebut terjadi sebab  sebelumnya masyarakat tlah memiliki pemahaman awal terkait pelaksanaan Pemilu 2019.

“Tak lupa juga kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah kecamatan Wuawuua khususnya pengurus BKMT, yang bersedia memfasilitasi kegiatan sosialisasi Pemilu 2019 yang di gagas oleh KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, semoga kegiatan-kegiatan sosialisasi yang telah kita laksanakan dapat berkontribusi pada meningkatnya kualitas Pemilu dan demokrasi khususnya di Sulawesi Tenggara,” tuturnya.(asl)


 

Tulis Komentar Anda Disini