OKESULTRA.COM, LANGARA – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melakukan Pemeriksan Laporan Hasil Pertanggung Jawaban dan Fisik pembangunan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) selama 20 hari kedepan.

Hal itu di sampaikan langsung Koordinator Tim BPK RI Wilayah Sultra, Haridun saat membawakan sambutan pada Rapat Persiapan Pemeriksaan Interim atas Laporan Keuangan Daerah Pemerintah Kabupaten Konkep Tahun Anggaran 2018 di Aula Sekretariat Daerah Konkep, Selasa (26/2/2019).

Haridun mengatakan Tujuan dari pada kegiatan tersebut, yakni menilai efektifitas penilaian laporan keuangan tahun 2018, menilai kepatuhan atas peraturan perundang – undangan, juga melakukan pengkajian subtantif terhadap transaksi atas saldo dan akun pada kas daerah, kas bendahara pengeluaran serta kas bendahara penerimaan.

“Selain akun-akun kas ada juga persediaan termasuk belanja barang, kami informasikan baik itu persediaan maupun aset tetap, sebagai fokus kami. Selain itu belanja barang jasa, belanja modal dan KDP, pendapatan, kemudian belanja bantuan sosial, hibah maupun belanja keuangan,” ungkap Haridun.

Ia juga mengatakan yang menjadi fokus perhatian BPK RI adalah kas bendahara dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dikoordinir oleh Dinas Pendidikan, sebab menurutnya ditahun-tahun sebelumnya banyak terjadi masalah didalamnya.

“Ini untuk sekolah-sekolah yang dikoordinir oleh Dinas Pendidikan menjadi perhatian kami, semoga masalah-masalah sebelumnya, tahun ini dapat terselesaikan,” tambahnya

Tidak hanya itu, ia juga mengingatkan elemen pemerintah didaerah itu bahwa pihaknya pun memantau tindak lanjut dari hasil pemeriksaan yang dilakukan periode sebelumnya.

“Kami sampaikan yang untuk tindak lanjut ini adalah bagian dari Penilaian Laporan Keuangan, semoga semester ini bisa 90% dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya mencapai 60 sekian-sekian persen saja,” harapnya.(van).


Tulis Komentar Anda Disini