OKESULTRA.COM, KONSEL – Sosialisasi empat pilar kebangsaan dikalangan milenial terus disuarakan oleh Anggota Komisi II DPR RI, Ir. Hugua. Sebelumnya dilaksanakan di Kendari, kali ini Hugua kembali merangkul masyarakat milenial Sulawesi Tenggara (Sultra) khusunya masyarakat Konawe Selatan (Konsel).

Sosialisasi yang digelar pada Rabu (11/12/2019) di Aula Kantor Kecamatan Lalembu Konsel tersebut dihadiri oleh Camat Lalembu, Kepala Desa se-Keceamatan Lalembu, guru-guru SD/SMP/SMA/MA dan pelajar SMA/SMK/MA serta masyarakat.

Dalam pemaparannya Hugua menyatakan bahwa dalam menghadapi era modern saat ini, perlu ditanamkan kembali rasa nasionalisme dengan empat pilar kebangsaan yang meliputi Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika, sebab generasi milenial bangsa Indonesia sangat mudah terpengaruh dengan doktrin global.

“Kita perlu bersama sama dalam mengimplementasikan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, dan menjadikannya perekat hubungan dalam kehidupan berbagsa dan bernegara,” ungkap Politisi PDIP ini.

Selain itu, lanjut Hugua, Indonesia merupakan negara yang saat ini tengah menjadi rebutan beberapa negara adikuasa seperti Amerika dan China, untuk menjadikan sasaran pasar atas produk mereka (negara asing).

“Untuk menguasai pasar dunia, maka negara-negara tersebut melakukan berbagai strategi. Hal terburuk yang bisa mereka lakukan adalah menciptakan kegaduhan dengan cara adu domba, agar produk mereka menjadi sangat dibutuhkan sehingga dibeli. Ini yang harus diwaspadai, jangan muda terprovokasi kemudian terjadi pertikaian antar sesama anak bangsa,” beber Hugua.

Ketua PHRI Sultra ini juga menyebutkan, beberapa negara yang dahulu eksis kini telah redup bahkan hilang. Hal itu dikarenakan tak memikiki perekat kebangsaan seperti empat pilar yang dimiliki Indonesia.

Olehnya itu, Ketua GIPI Sultra ini juga berharapa, agar selalu menjaga empat pilar kebangsaan demi keutuhan bangsa Indonesia. Dengan demikian, maka negara tercinta ini akan terus ada dan eksis untuk selamanya.

“Kalau mau melihat bangsa kita ini terus ada selamanya, maka empat pilar kebangsaan ini harus dijaga, dipahami dan diaplikasikan,” jelasnya.

Melalui kesempatan itu, Hugua juga mengajak para kaum muda untuk berani menggantungkan cita-cita setinggi-tingginya. Sebab, impian dan harapan itu akan mengantarkan pada pencapaian yang hendak dituju.

Laporan: Iwan

Tulis Komentar Anda Disini

loading...