OKESULTRA.COM, KENDARI – Ramai di jagat maya terkait dugaan “layanan esek-esek” yang mencatut nama Swissbell Hotel Kendari. Hotel itu disebut menyediakan layanan esek-esek bagi pelanggan.

Tak terima atas pencatutan namanya, Manager Swissbell Hotel Kendari, Firman Hidayat melaporkan akun media sosial yang diduga melakukan penipuan dengan menggunakan nama dan fotonya, yang menyebut Swissbell Hotel Kendari menyediakan paket esek-esek dengan harga khusus.

Kasat Reskrim Polres Kendari, AKP Diki Kurniawan membenarkan adanya pelaporan tersebut ke Polres Kendari. Pelaporan dilakukan pada Kamis (6/12) sekitar pukul 10.00 WITA.

“Benar telah ada pelaporan oleh GM Swissbell Hotel Kendari yang melaporkan dugaan tindak pidana penipuan dengan modus menggunakan nama dan foto pelapor di salah satu media sosial dengan cara menawarkan paket kamar plus perempuan panggilan kepada customer,” ungkap Diki.

Diki menjelaskan, pelaku penipuan setelah mendapatkan orang yang tertarik dengan informasi paket tersebut, mengarahkan korbannya untuk melakukan transaksi melalui rekening bank. Padahal sesungguhnya paket tersebut tidak ada.

“Jadi manajemen hotel baru tau ada penipuan tersebut setelah ada customer yang datang ke hotel menanyakan paket tersebut kepada resepsionis kemudian menunjukkan adanya transaksi dengan akun yang mengatasnamakan GM hotel. Namun setelah dicek, akun tersebut bukanlah milik GM hotel,” imbuhnya.

Menanggapi laporan tersebut, Sat Reskrim Polres Kendari telah memeriksa dua orang saksi, yakni pelapor sendiri dan seorang resepsionis hotel yang saat itu menerima komplain dari pelanggan yang tertipu oleh akun palsu tersebut.

“Pasal yang kami gunakan adalah pasal 35 juncto 51 ayat 1 UU ITE karena ini menggunakan media elektronik dalam hal ini media sosial,” pungkas Diki.(A)


Laporan: Ronal

Tulis Komentar Anda Disini