Isi Tabloid Indonesia Barokah (Foto: Istimewa).

OKESULTRA.COM, BAUBAU – Tabloid bermuatan politis ‘Indonesia Barokah’ ditemukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Baubau yang dikirim via biro pengiriman kantor Pos dan Giro, Senin (4/2/2019).

Ketua Bawaslu Baubau, Wa Ode Frida Vivi Oktavia menjelaskan Bawaslu mengetahui adanya peredaran tabloid itu setelah menerima informasi lewat pihak kepolisian.

“Kami baru disampaikan tadi ini barangnya barusan tiba. Jadi kami langsung di telpon oleh Kasat Intelkam Polres Baubau sehingga kami cek kebenarannya,” jelasnya seperti dikutip Antara Sultra.

Lanjutnya, tabloid tersebut datang tanpa nama pengirim, dan ditujukan untuk tiga kecamatan yakni Kecamatan Batupoaro, Betoambari dan Murhum.

Pihaknya merekomendasikan kepada pihak Kantor Pos setempat untuk tidak menyebarkan ke alamat-alamat yang dituju hingga ada instruksi selanjutnya.

“Kita juga akan bersurat secara tertulis kepada Kantor Pos dan jasa pengiriman lainnya agar apabila ada lagi kiriman-kiriman yang ditujukan ke masjid-masjid atau kiriman-kiriman yang mencurigakan untuk berkoordinasi dengan kami terlebih dahulu,” tambahnya.

Sebelumnya dikabarkan, komisoner Bawaslu Sultra, kordiv Pengawasan dan hubungan antar lembaga, Munsir Salam mengatakan pihaknya tetap akan mengambil langkah untuk meminimalisir peredaran tabloid.

“Nantinya kita akan mengundang tidak hanya PT POS saja, tapi juga biro atau jasa pengiriman lain, dan kalau memungkinkan panitia masjid di kota Kendari dulu karena boleh jadi tidak lewat POS juga, kalau pengirimnya kan kita sudah tau, ada di Bekasi”. jelasnya saat dijumpai Sabtu (2/2/2019).

Bawaslu Sultra mengkwatirkan penyebaran tabloid akan menjadi polemik dan berpotensi meresahkan masyarakat bahkan menjadi alat pemicu konflik jelang pemilu 2019.

“Kekhawatirannya kalau bagi Bawaslu sebenarnya bukan hanya Indonesia Barokah tapi juga media-media lain pun itu bisa digunakan untuk saling menyerang melalui media,” terang Munsir.(asl)


Tulis Komentar Anda Disini