Koordinator Divisi Pengawasan dan Pencegahanan Bawaslu Kendari, La Ode Hermanto. (Foto: Istimewa).

OKESULTRA.COM, KENDARI – Pasca putusan Dewan Kehormatan Penyelenggaranya Pemilu (DKPP) RI, terkait pemberian sanksi pemecatan salah satu anggota PPK Abeli, Robin Syahrul Ziddi dan peringatan keras kepada 10 PPS yang terbukti melanggar kode etik usai melakukan pertemuan dengan calon anggota legislatif (caleg) Kota Kendari, Rusiahwati Silondae di kediamannya, Kamis (20/9/2018).

Menurut DKPP, tim sukses Rusiahwati Silondae saat itu terbukti menyerahkan bingkisan kepada PPK, namun pemberian tersebut ditolak, dengan mengembalikan bingkisan melalui tim suksesnya, setelah adanya laporan pelanggaran oleh Ketua PPK Abeli.

Terkait kasus tersebut, Koordinator divisi Pengawasan dan Pencegahan Bawaslu Kendari, La Ode Hermanto menyatakan pihaknya tak dapat melanjutkan kasus pelanggaran pemilu tersebut sebab kasus tersebut murni pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu.

“Namanya penyelenggara tidak boleh melakukan apalagi memediasi teman-teman penyelenggara untuk melakukan pertemuan dengan Caleg”, jelas Hermanto, Jumat (4/1/2019).

Menurutnya, Bawaslu hanya memproteksi sejauh mana kasus ini berjalan sebab, dari temuan, penanganan hingga penyelesaian kasus dilakukan oleh KPU.

“Dalam undang-undang DKPP itu, bisa dilakukan karena itu ditemukan dan ditangani diinternal KPU,” ungkapnya.

Lebih lanjut, terkait caleg yang bersangkutan, pihaknya berdalih kejadian tersebut terjadi pada 20 September 2018 lalu dan saat itu belum ada penetapan resmi Daftar Calon Tetap (DCT) oleh KPU.

“Terkait calon bersangkutan, saat itu, ia belum ditetapkan menjadi caleg atau belum DCT dan resmi menjadi caleg kota Kendari” jelas Hermanto.

Ia pun berpesan agar kejadian semacamnya tak terulang, perlu ada kesadaran penyelenggara utamanya dari tingkat bawah.

“Teman-teman PPK, kerjalah secara profesional, prosedural, kita juga tidak menutup diri dilakukanlah dengan jalur-jalur koordinatif,” harapnya.


Laporan: Andise SL
Editor: Wiwid Abid Abadi

Tulis Komentar Anda Disini