Tak Tahan Dengan Debu, Warga Tutup Jalan Hauling Menuju Jetty PT VDNI
Debu tebal yang dihasilkan dari aktifitas di sekitar jetty PT VDNI (Foto: Onno/OKESULTRACOM)

OKESULTRA.COM, KENDARI – Warga Desa Lalimbue Jaya, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menutup akses jalan hauling menuju jetty PT Virtu Dragon Nikel Industri (VDNI), Sabtu (6/10/2018) pagi hingga saat ini.

Penutupan akses jalan hauling tersebut, karena warga Desa Lalimbue Jaya tidak tahan dengan aktifitas tambang yang menghasilkan polusi debu dan sangat menggangu masyarakat sekitar.

Kapala Desa Lalimbue Jaya, Abu Raera menuturkan, warga menutup akses jalan hauling, menuntut agar perusahaan memikirkan dampak lingkungan karena debu yang beterbangan semakin memprihatinkan.

“Kalau ini dibiarkan, kasian masyarakat,” singkatnya.

Menurutnya, ini sangat membahayakan bagi kesehatan masyarakat, khususnya yang tinggal di pesisir pantai jetty. Harusnya pihak perusahaan menindak lanjuti agar penanganan dampak lingkungan (Red: debu) sebagai kompensasi perusahaan kepada masyarakat yang sudah di rugikan.

“Perusahaan harus bertanggungjawab karena menimbun batu bara dekat rumah penduduk yang bermukim disekitar pelabuhan Jetty,” terangnya.

Penutupan akses jalan hauling menuju pelabuhan jetty yang dilakukan warga desa, mengakibatkan aktifitas perusahaan lumpuh total.


Laporan: Onno

Tulis Komentar Anda Disini